Membuat Cendol Sendiri

By nova.id, Senin, 3 Juni 2013 | 10:47 WIB
Membuat Cendol Sendiri (nova.id)

Membuat Cendol Sendiri (nova.id)

"ilustrasi "

Pertama siapkan dulu cetakannya. Cetakan cendol ada yang berbentuk tabung, jadi adonan dimasukkan ke dalam cetakan tabung yang berlubang di bagian bawahnya atau cetakan berbentuk persegi seperti Loyang dengan tangkai dan lubang dibagian bawahnya.

Kedua siapkan baskom berisi air es, gunanya untuk menampung cendol yang keluar dari cetakan, sehingga cendol langsung membeku dan tidak saling menempel.

Sekarang kita siap membuat cendolnya, gunakan sagu hunkwe dan air dengan perbandingan 1 dibanding 8 atau 1 bagian tepung hunkwe dan 8 bagian air. Airnya bisa air daun suji supaya warnanya hijau dan lebih harum. Masak campuran hunkwe ditambah beberapa lembar daun pandan sambil diaduk hingga meletup-letup. 

Tuang ke dalam cetakan yang dibagian bawahnya baskom berisi air es. Tekan cetakan sehingga cendol keluar. Tambahkan es jika perlu, supaya cendol tidak menempel. Kalau sudah selesai, ganti air dengan air matang.  Sekarang cendol sudah siap digunakan, dengan menambahkan sirop gula merah, santan dan es. Selamat mencoba.

Erwin Kuditawati/KlubNova