Sahabat Wanita Penghilang Noda (1)

By nova.id, Rabu, 20 Januari 2010 | 02:36 WIB
Sahabat Wanita Penghilang Noda 1 (nova.id)

Sahabat Wanita Penghilang Noda 1 (nova.id)

""

Jengah memiliki noda-noda mengganggu di wajah? Frustasi berusaha menutupi noda wajah dengan make-up super tebal? Mengapa tidak mencoba saja melakukan laser kecantikan. Pemanfaatan teknologi ini secara tepat, sudah terbukti bisa menuntaskan masalah noda di wajah.

Ya, laser memang sudah sangat uzur dikenal didunia kecantikan sebagai senjata penghilang noda. Bukan hanya masalah sun exsposure yang menimbulkan noda-noda, tanda lahir (nevus), tato, hingga tahi lalat pun bisa diselesaikan dengan laser. Dan tentu saja, ia memiliki tingkatan dan jenis tertentu sesuai dengan masalah yang akan dituntaskan.

Seperti apa dan apa saja jenis laser yang digunakan untuk kecantikan? dr. Chaterine Tjahjadi dari Clinique Suisse (switzerland) - Jakarta menjelaskan macam-macam laser dan kegunaannya.

Sesuai KasusBanyak wanita datang untuk memperbaiki penampilan kulitnya. Bukan hanya perkara menerangkan tone kulit, namun juga menyelesaikan masalah noda di wajah. Nah, masalahnya problem noda di wajah ini bukan hanya soal spot akibat terpapar matahari. Tapi adapula yang merupakan bawaan dari lahir, tahi lalat, tato, hingga hemangioma (tumor jaringan lunak yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir) dan telangiektasi (suatu penyakit keturunan, dimana pembuluh darah sangat rapuh sehingga mudah mengalami perdarahan). Banyaknya kebutuhan untuk koreksi wajah ini kemudian membuat layanan laser menyesuaikan kebutuhan.

Terapi dengan menggunakan laser tidak bisa dipukul rata satu kasus dengan yang lain. Menurut dokter Chaterine, butuh analisa dan pengetahuan sebelum mengambil tindakan terhadap kulit wajah.

"Yang penting diperhatikan sedalam apa permasalahan yang ada di kulit wajah. Apakah masih di superfisial atau sudah mencapai dermis. Kemudian penting juga diperhatikan seberapa berat kasusnya, karena tidak semua kasus bisa diselesaikan dengan sekali terapi," ungkap Chaterine.

Untuk kasus tahi lalat yang sangat kecil, misalnya, bisa diselesaikan dengan sekali laser saja. Namun untuk kasus pigmentasi seperti nevus (tanda lahir) yang mencapai lapisan dermis harus beberapa kali perawatan barulah menunjukkan hasil. Idealnya, untuk kasus-kasus yang berat 3-6 kali terapi baru terlihat perbedaan atau hasilnya.

Kasus seperti tato yang berada di superfisial juga tidak sama. Tato berwarna gelap seperti hitam dan abu-abu cenderung lebih cepat diselesaikan dengan beberapa kali terapi. Namun tato yang berwarna terang seperti merah dan kuning relatif lebih sulit karena pada dasarnya laser bekerja memecah pigmen (melanosit).

Aneka Laser Berdasar Panjang GelombangAlat laser yang digunakan untuk koreksi wajah bisa jadi hanya satu saja multiwave length laser. Namun derajat panjang gelombang dan durasi denyut yang digunakan pada pasien bisa berbeda menyesuaikan kasusnya. Inilah klasifikasi yang digunakan untuk menggolongkan laser. Ada yang disebut dengan long pulse, short pulse, q-switch laser dan laser 1320 nm.(Bersambung)

Laili DamayantiFoto: Laili Damayanti/NOVA