Bagaimana Plak Berkembang di Gigi Anda

By nova.id, Kamis, 13 Juni 2013 | 03:59 WIB
Bagaimana Plak Berkembang di Gigi Anda (nova.id)

Bagaimana Plak Berkembang di Gigi Anda (nova.id)

"Ilustrasi "

Penyebab Plak

Plak terjadi ketika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan zat tepung), seperti susu, minuman ringan, kismis, kue, atau permen (sering) tertinggal di gigi. Makanan yang tertinggal berkembang menjadi bakteri yang hidup di mulut dan menghasilkan asam.

Seiring waktu, asam ini merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Plak juga dapat berkembang hingga akar gigi (di bawah gusi, Red.) dan menyebabkan kerusakan tulang pendukung gigi.

Mencegah Plak

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegak terbentuknya plak. Di antaranya adalah:

-      Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan lembut dan dengan cara yang benar. Pusatkan perhatian pada ruang di mana gusi dan gigi bertemu.

-      Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

-      Floss gigi setidaknya sekali sehari untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri di antara gigi.

-      Periksakan gigi ke dokter gigi atau ahli kesehatan oral setiap 6 bulan untuk check-up dan membersihkan gigi.

-      Tanyakan dokter gigi Anda apa sealant gigi yang sesuai untuk Anda. Sealant gigi adalah lapisan plastik tipis yang dicat pada permukaan "kunyahan" gigi untuk melindungi gigi dari gigi berlubang dan membusuk.

-      Lakukan diet seimbang dan batasi jumlah camilan di antara jam makan. Jika Anda membutuhkan camilan, pilihlah makanan bergizi seperti yogurt plain, keju, buah, atau sayuran mentah. Sayuran, seperti seledri dapat membantu menghilangkan makanan di sela-sela gigi dan air liur yang ditimbulkan setelahnya dapat membantu menetralkan plak penyebab asam.

-      Menurut American Dental Association, penggunaan mouthwash juga dapat mengurangi bakteri yang menyebabkan plak dan penyakit gusi.

Ester