Anda Mendengkur Saat Tidur? Waspada!

By nova.id, Kamis, 30 Mei 2013 | 12:04 WIB
Anda Mendengkur Saat Tidur Waspada! (nova.id)

Apakah Anda tidur cukup setiap malam? Berapa lama biasanya waktu yang Anda butuhkan untuk tidur setiap malam? Atau, selama tidur Anda selalu mendengkur?Jika Anda selalu merasa lelah, mengalami sakit kepala tanpa alasan yang jelas, atau memiliki tekanan darah tinggi, bisa jadi Anda sedang mengalami masalah kesehatan yang serius. Gejala di atas bisa menjadi hasil dari mendengkur, suatu gejala paling umum dari sleep apnea obstruktif atau obstructive sleep apnea (OSA).Banyak orang menganggap, mendengkur bukanlah masalah, layaknya gangguan kecil saja. Penelitian menunjukkan, hal itu bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Orang yang menderita OSA berulang-ulang dan tanpa sadar berhenti bernapas dikarenakan obstruksi lengkap atau jalan napas mereka parsial.

Ini terjadi ketika rahang, tenggorokan, dan otot-otot rileks lidah, menghalangi jalan napas yang digunakan untuk bernapas. Penghentian napas atau kekurangan oksigen bisa berlangsunng selama satu menit atau lebih, dan bisa terjadi ratusan kali setiap malam.

Untungnya, kebanyakan orang (masih bisa) terbangun ketika obstruksi lengkap atau parsial terjadi, tetapi itu bisa membuat Anda benar-benar merasa lelah. OSA juga telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan termasuk:

Reflux asam.

Sering buang air kecil malam hari.

Kehilangan memori.

Merasa terpukul.

Depresi.

Diabetes.

Serangan jantung.

Jadi, jika pasangan, anak, atau anggota keluarga Anda mengalami masalah ini, ada baiknya Anda mengajaknya untuk memeriksakannya ke dokter. Saat ini sudah ada beberapa rumah sakit yang menyediakan klinik tidur untuk mengatasi masalah-masalah tidur.

Ester Sondang