Memilih Sleeping Bag yang Tepat

By nova.id, Senin, 13 Mei 2013 | 03:10 WIB
Memilih Sleeping Bag yang Tepat (nova.id)

Memilih Sleeping Bag yang Tepat (nova.id)

"Ilustrasi "

Sebelum memutuskan membeli, Anda harus tahu lebih dulu untuk keperluan apa Anda membeli sleeping bag. Apakah digunakan untuk tidur di lantai atau di alam bebas. Ada sleeping bag yang memang cocok untuk tidur di lantai, tetapi tentu ini tidak nyaman jika Anda gunakan di bawah tenda.

Selain jenisnya, Anda juga harus mempertimbangkan berat. Bagi Anda yang pergi dengan menggunakan mobil pribadi, tentu tidak masalah soal berat. Bagaimana bila sleeping bag itu masuk di ransel yang harus Anda bawa ke mana-mana? Tentu berat jadi pertimbangan utama.

Bahan menentukan seberapa berat sleeping bag. Sleeping bag low end terbuat dari nilon / polyester, kanvas, dan kapas. Sementara untuk high end terbuat dari bahan-bahan seperti dry loft dan ripstop. Bahan-bahan ini juga memengaruhi kehangatan, kontrol kelembaban, kenyamanan, dan waterproofing.

Pertimbangan berikutnya adalah soal bentuk alias model. Ada 3 jenis model kantong tidur, hibrida, persegi panjang, dan mumi.

Model mumi sangat pas untuk menjaga kehangatan tubuh. Model ini sengaja dibuat pas di tubuh sehingga tak ada aliran udara di dalamnya. Hanya saja, Anda jadi susah bergerak lantaran modelnya yang ngepres. Banyak yang merasa tak nyaman dengan model ini. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan sleeping bag.

Model kedua adalah persegi panjang. Ini yang paling umum ada di pasaran. Lebar ujung-ujungnya sama, tidak seperti model mumi yang mengerucut. Gerakan tubuh di dalam lebih leluasa. Hanya saja, masih ada udara yang mengalir di dalam sleeping bag.

Yang terakhir adalah model hybrid yang merupakan kombinasi dari dua dan memungkinkan untuk gerakan tubuh di dalam kantong tidur tetapi Bagian atas dan bawah yang meruncing.

CK