Ini Dia Manfaat Tidur Bersama Bayi

By nova.id, Senin, 1 Oktober 2012 | 01:20 WIB
Ini Dia Manfaat Tidur Bersama Bayi (nova.id)

Ini Dia Manfaat Tidur Bersama Bayi (nova.id)

"Ilustrasi "

Saat ini, semakin  banyak orang tua menemukan kebahagiaan dengan menjadi rekan tidur bayi mereka. Baik tidur bersama sang bayi di tempat tidurnya maupun memanfaatkan ruang yang ada di tempat tidur bersama pasangan. Tahukah Anda, jika tidur dengan bayi  juga memiliki manfaat?

1.  Bayi tidur lebih baik. Bagi beberapa anak kecil, malam hari  bisa menjadi waktu yang menakutkan untuk  sendiri di kamar. Bayi yang tidur dekat dengan sang ibu menjadi lebih tenang di malam hari sehingga  tidur lebih baik.

2.  Keselarasan waktu tidur Ibu dan anak. Saat tidur bersama bayi, Ibu juga tidur lebih baik. Ini disebabkan karena kedekatan membuat Ibu berkurang rasa cemas akan bayinya. Menjadi rekan tidur dapat membuat Ibu dan bayi dapat mensinkronisasi  siklus tidur mereka di malam hari. Ketika bayi akan terbangun di tengah malam,  kehadiran nan akrab serta  sentuhan Ibu memberikan pesan "tidak apa-apa, kembali tidur"  kepada bayi. Bayi pun dapat tertidur kembali tanpa perlu rewel panjang.

3.  Menyusui lebih mudah. Tidur dekat  bayi  memungkinkan Ibu  lebih mudah menyusui bayi yang lapar. Ibu dapat dengan mudah  menghibur dan memberi makan bayi sehingga memegang kontrol penuh perawatan sang buah hati. Ini jauh lebih  daripada Ibu harus keluar kamar dan pergi ke kamar lain untuk menghibur bayi yang menangis. Padahal bayi yang terlanjur menangis atau marah, akan  kesulitan untuk kembali tidur. Di sisi lain, membawa bayi ke kamar tidur Ibu memungkinkan pasangan suami-istri  kembali tidur lebih cepat.

4.  Lebih tepat bagi orangtua sibuk masa kini. Tidur berdekatan buah hati dan pasangan memungkinkan ibu dan bayi  menyambung ikatan batin dan memperbaiki hubungan di tiap hari. Ini adalah mengapa tidur bersama juga sangat berharga bagi orangtua yang bekerja.

5.  Bayi berkembang lebih baik. Teorinya, bayi yang jarang menangis akan tumbuh lebih baik. Mengajak bayi tidur bersama dapat membuatnya jarang menangis sehingga energi bayi lebih efektif untuk tumbuh kembangnya. Salah satu "perawatan" konvensional bagi  bayi yang pertumbuhannya kurang optimal adalah dengan tidur di dekat sang bayi.

6.  Mempererat orangtua dan bayi. Tidur bersama bayi akan meningkatkan ikatan orangtua-bayi. Ini disebabkan  Anda memiliki sentuhan waktu tidur malam hari dan memberi kenyamanan bayi. Tidur bersama bayi dan pasangan juga membangkitkan keintiman keluarga. Jika orangtua dan bayi  memiliki ruang tidur sendiri,  orang tua tetap dapat dekat dengan sang buah hati dengan memenuhi kebutuhan bayi di malam hari.

7.  Bayi mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat. Tidur bersama dapat  membantu bayi  mengembangkan sikap tidur yang sehat. Sikap tidur yang sehat adalah salah satu investasi seumur hidup terbaik bagi bayi.

Laili / dari berbagai sumber