Tips 1: Meningkatkan Kesadaran Emosional
Prinsip
- Semakin banyak Anda dapat mendorong anak mengungkapkan perasaan sulitnya, semakin berkurang emosi yang terbangun dan limpahan ledakan kemarahan.
Apa yang Harus Dilakukan
- Untuk dapat mengekspresikan emosi, anak harus terlebih dahulu menyadari perasaan mereka. Anda dapat meningkatkan 'kecakapan emosional' anak Anda dengan mulai meningkatkan frekuensi berbicara tentang kemarahan dan perasaan lainnya.
- Sebisa mungkin meningkatkan frekuensi Anda mencoba menggambarkan perasaan Anda sendiri dan orang lain, mencerminkan kembali dan pertanyakan perasaan anak Anda:
"Orang di TV itu terlihat kesal ya?"
Tips 2: Tetap Tenang
Prinsip
- Anak-anak seperti barometer iklim emosional di sekitar mereka : jika Anda stres, mereka juga akan stres. Jika Anda santai, mereka juga akan santai.
Apa yang Harus Dilakukan
- Jadwalkan waktu bersantai untuk diri sendiri secara teratur. Jika sulit untuk mendapatkan waktu, bergabung dengan sebuah klub bersama-sama dengan orang tua lain dan buat semacam jadwal giliran menjaga anak. Jika Anda bisa memulihkan diri sekali-sekali, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk merespon 'ledakan' anak. Tanggapan yang tenang akan membantu meredakan kemarahan anak . Sementara kemarahan Anda akan membuat anak Anda lebih marah.
Ingatlah, cara Anda mengelola perasaan marah sendiri akan berdampak pada bagaimana si kecil mengelola kemarahannya.
Jika anak mendengar Anda melempar makian pada pengemudi yang hanya memotong jalan, jangan heran jika kelak Anda mendengar anak melakukan penghinaan kepada saudaranya saat berebut mainan favorit.
Jika Anda merasa benar-benar tak dapat mengatasi, jangan lupa 'time out' juga berguna untuk orang dewasa. Pastikan anak Anda aman, lalu menyingkir sementara waktu untuk meredakan situasi. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan katakan pada diri sendiri: "Tetap tenang!"
Tip 3: Terima Perasaan dan Arahkan Kembali Kemarahan
Prinsip
- Mengabaikan perasaan (misalnya "hei ini bukan masalah besar, tenang saja") dapat menjadi kontraproduktif. Anak dapat saja merasa semakin marah dan menyimpulkan jika dirinya tak dipahami.
- Rahasianya adalah: i) menerima dan mengakui perasaan marah anak dan, ii) arahkan dengan tepat untuk mengekspresikan emosi. Ketika perasaan diterima, anak akan merasa lebih dipahami, ketimbang mencoba meyakinkan Anda dari sudut pandang mereka. Ketika perasaan dapat diekspresikan, bangunan emosi di dalam dapat terhindarkan sehingga ledakan emosi menjadi lebih kecil kemungkinannya.
Apa yang Harus Dilakukan
- Mengidentifikasi dan utarakan perasaan yang ada di balik kemarahan anak
"Wow David, itukah yang membuatmu marah"
"Apakah kamu marah karena kita harus pulang sekarang?"
- Tampilkan pemahaman dengan menebak-nebak keinginan anak
"Kau ingin jika saudaramu meminta sebelum meminjam barang-barangmu?"
- Buat ekspresi mendukung yang tepat dengan perasaan atau pemecahan masalah
"Tunjukkan pada Ibu bagaimana kamu rasakan dengan... menuliskan atau berbicara/ menggambar / memukul bantal ini / merobek kertas memo "
"Apa menurutmu yang lebih baik untuk memecahkan masalah ini?"
Tips 4: Gunakan Konsekuensi yang jelas dan Konsisten untuk Membatasi Perilaku Agresif
Prinsip
- Anak perlu belajar bahwa meskipun kemarahan dapat diterima, namun perilaku agresif tidak dapat diterima.
Apa yang Harus Dilakukan
- Cobalah memahami pada level anak, lalu dengan nada tenang, rendah tapi tegas (menunjukkan ketidaksenangan) katakan dengan jelas jika anak telah melakukan hal yang salah. Cobalah untuk tidak berteriak karena hal ini menunjukkan Anda hilang kendali.
"Putri, tidak baikn jika kamu memukul adikmu"
- Jika anak berhenti bersikap agresif, berikan banyak pujian. Namun, jika dia terus perilaku yang tidak pantas setelah diberi peringatan, berikan konsekuensi yang jelas. Seperti, menarik hak istimewa anak (main games di akhir pekan, menonton film favorit di hari libur, komputer di kamar, dan sebagainya).
Jika Anda khawatir kemarahan anak akan meningkat dan tidak berhasil selama beberapa minggu bahkan bulan, bisa jadi ada masalah mendasar yang membutuhkan bantuan profesional.
Sudah saatnya Anda membutuhkan sebuah bantuan!
Laili / dari berbagai sumber