Sukses Membuat Sponge Cake

By nova.id, Kamis, 4 April 2013 | 08:33 WIB
Sukses Membuat Sponge Cake (nova.id)

Sukses Membuat Sponge Cake (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbatully "

1. Pengovenan

Hal pertama yang dilakukan saat akan membuat cake  adalah memanaskan oven terlebih dahulu.Tujuannya agar panas oven sudah merata saat adonan dimasukkan, sehingga cake dapat mengembang sempurna. Suhu yang digunakan untuk sponge cake adalah 180 derajat Celsius dan waktunya sekitar 40 menit.

2. Bahan-bahan

Bahan untuk membuat sponge cake  umumnya terdiri dari telur, tepung terigu, gula dan mentega atau margarin yang dilelehkan. Telur : Pilihlah telur yang segar, maksudnya telur yang ketika dipecahkan kuning  telurnya tetap  bulat, tidak mencair. Telur yang  segar akan mudah mengembang ketika dikocok dengan gula, hal ini sangat menentukan mengembang atau tidaknya cake.Tepung terigu :Untuk cake, tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein sedang atau multi purpose flour. Karena tepung terigu protein sedang akan mudah mengambang saat dipanggang dalam oven.

3. Mengocok Telur

Saat mengocok telur, gunakan wadah yang kering dan tidak berminyak. Kocok telur sampai terbentuk jejak-jejak mikser. Jejak-jejak mikser itulah tanda bahwa telur sudah mengembang. Nah.. sekarang, matikan miksernya.

4. Mencampur adonan

Setelah telur dikocok mengembang,  sekarang saatnya memasukkan tepung terigu ke dalam adonan. Lakukan mencampur tepung sambil diayak dan diaduk perlahan-lahan. Gerakan mengaduknya, adalah berputar dari bagian bawah baskom ke atas  secara perlahan-lahan sampai tepung terigu habis. Dilanjutkan dengan menuang mentega leleh, dengan gerakan yang sama, sehingga tidak ada tepung atau mentega cair yang mengendap.  Gunakan spatula plastik untuk mengaduknya.

5. Loyang

Sebelum menuang adonan, oles loyang terlebih dahulu dengan margarin. Sebaiknya lapisi Loyang dengan kertas roti, supaya cake tidak menempel.

Erwin Kuditawati/Klub Nova