Di Usia 2 Tahun, Suzuki Ertiga Siap Jawab Tantangan Industri Otomotif

By nova.id, Minggu, 4 Mei 2014 | 14:22 WIB
Di Usia 2 Tahun Suzuki Ertiga Siap Jawab Tantangan Industri Otomotif (nova.id)

TabloidNova.com - Tak terasa sudah 2 tahun, mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalan Suzuki, Ertiga, menemani keluarga di Indonesia. Sejak diluncurkan 22 April 2012 lalu oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hingga Maret 2014, Ertiga berhasil menaikkan penjualan Suzuki secara nasional sebesar 109.461 unit (wholesales).

Selain di pasar domestik, Ertiga juga telah menembus pasar ekspor dengan negara tujuan Thailand. Total penjualan ini telah mencapai angka 3.864 unit selama tahun 2013 lalu.

Keberhasilan Ertiga didukung oleh program-program nasional yang berlangsung di 35 kota di seluruh Indonesia. Di antaranya, "Pesta Ertiga" dan "Pesta Keluarga Ertiga". Selain itu, PT SIS juga menjaring calon konsumen dengan berbagai program penjualan menarik. Salah satunya adalah program penjualan nasional "Ertiga Juara."

Walau masih terbilang muda, menurut Davy J. Tuilan, Sales Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales, bila disamakan dengan anak-anak, Ertiga masuk dalam masa Golden Age. Selama dua tahun keberadaannya, Ertiga juga telah mengantungi beragam penghargaan, di antaranya Car of The Year dan Best Small MPV 2013 dari Tabloid Otomotif.

Menurut Davy, Ertiga memberikan nuansa baru di segmen LMPV nasional dengan membawa fitur yang lebih lengkap. Selain tampilannya yang lebih stylish dan modern, Ertiga juga menekankan pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Menyusul ketatnya persaingan dalam segmen yang sama, Davy mengatakan hal itu sebagai sesuatu yang wajar. Namun semua hambatan tersebut dapat diatasi. "Selama 2 tahun ini penjualan Ertiga di luar ekspektasi. Mengenai banyaknya saingan tergantung situasi pasar. Kami dari Suzuki sudah melakukan studi bahwa penjualan secara volume Maret dan April agak turun karena marketnya mengecil," beber Davy.

"Rencana ke depan, bisa melihat visi produk dari iklan Ertiga. Di pojok kanan bawah ada produk visi kami yaitu 'Lebih mengerti keluarga.' Sehingga pengembangan produk ke depan betul-betul dikembangkan berdasarkan apa yang dibutuhkan kelurga Indonesia. Kalau mereka butuh ongkos memiliki Ertiga lebih murah, akan kami kembangkan itu," tutupnya.

Edwin Yusman