Robot Asimo Bertemu Presiden Amerika

By nova.id, Minggu, 4 Mei 2014 | 12:30 WIB
Robot Asimo Bertemu Presiden Amerika (nova.id)

TabloidNova.com - Dalam kunjungannya ke National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan) di Tokyo, Jepang, Jumat (25/4), Presiden Amerika Serikat Barack Obama disambut oleh Robot Humanoid Honda, Asimo.

Kepada Presiden Amerika Serikat tersebut, Asimo mengucapkan salam dalam bahasa Inggris, "Selamat Pagi, Pak Presiden. Perkenalkan, saya Asimo, robot humanoid Honda. Senang bertemu dengan Anda". Setelah itu, Asimo memeragakan kemampuannya dalam berlari, menendang bola, serta melompat di depan orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Robot Humanoid Honda - ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) pertama kali diperkenalkan oleh Honda Motor Co., Ltd, pada tanggal 21 Oktober 2000 dengan tinggi 130 cm dan berat 48 kg. Honda sudah memulai penelitian dan pengembangan untuk Robot Humanoid sejak tahun 1980 dengan meluncurkan prototip Robot Humanoid yang disebut dengan Honda E Series pada periode tahun 1986 hingga 1993. Honda E Series kemudian dikembangkan lagi di Honda's Wako Fundamental Technical Research Center hingga tahun 1999.

ASIMO kemudian mengalami perkembangan sejak diluncurkan pada tahun 2000. Di tahun 2011, ASIMO sudah dapat berlari dengan kecepatan 9 km / jam, dan juga berbagai kemampuan baru seperti; berlari, mundur, melompat, bermain bola, menjadi konduktor orkestra, menuang minuman, menyajikan minuman, serta sudah dilengkapi dengan kemampuan indera peraba.

Edwin Yusman