Uni Eropa Rayakan "Pekan Eropa" di Indonesia

By nova.id, Jumat, 2 Mei 2014 | 11:48 WIB
Uni Eropa Rayakan Pekan Eropa di Indonesia (nova.id)

TabloidNova.com - Mulai tanggal 2 - 11 Mei, Jakarta akan lebih banyak melihat wajah Eropa dalam perayaan Hari Eropa selama seminggu penuh.  Perayaan ini dimaksudkan oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN, untuk mengenang Uni Eropa yang telah berdiri selama setengah abad dan berpartisipasi dalam menjamin terciptanya perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Eropa serta dunia.

Dalam pembukaan resmi pekan Uni Eropa, Olof Skoog, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, menjelaskan bahwa "Pekan Eropa 2014" akan menjadi wadah di mana masyarakat Indonesia akan memiliki kesempatan untuk  mengetahui lebih jauh tentang beragam kegiatan yang dilakukan Uni Eropa di Indonesia, mulai dari pengembangan hubungan politik hingga bantuan perdagangan dan pembangunan.

"Saya mengundang seluruh pihak untuk menyaksikan Festival Film Eropa, informasi beasiswa Uni Eropa, paviliun Anggur dan Keju Uni Eropa, dan tentunya bergabung bersama kami di Jalan Sudirman pada tanggal 4 Mei 2014 dalam acara lari bersama "EU on the move 5K Run Walk," ungkapnya dalam kalimat sambutannya.

Salah satu acara utama pada pekan UE ini adalah Festival Film Eropa ke-14 yang bertema "Europe on Screen 2014". Festival ini diselenggarakan mulai 2 - 11 Mei 2014 di 9 kota di berbagai pelosok Indonesia (baca: Festival Film Eropa 2014 Digelar di 9 Kota). Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Delegasi Uni Eropa akan menayangkan 71 film dari 26 negara Eropa.

Pada tanggal 3 Mei juga akan dihelat pameran berbagai stand yang akan memberikan informasi beasiswa Uni Eropa-Indonesia. Bagi Anda yang berminat mencari informasi mengenai beasiswa serta peluang bersekolah di universitas-universitas negara anggota Uni Eropa,  datang saja ke arena pameran di Hotel Le Meridien Jakarta pada pukul 09.30 hingga 16.00 WIB.

Selama pekan hari Uni Eropa juga akan dipamerkan produk-produk Uni Eropa seperti aneka keju, cokelat, dan ragam sajian lain berkomplementer dengan event Jakarta Food and Fashion Festival.

"Kegiatan perayaan di seluruh belahan dunia ini untuk menandai ulang tahun Uni Eropa yang jatuh tepat 9 Mei setiap tahunnya. Pada tanggal tersebut negara-negara Uni Eropa memperingati deklarasi Menteri Luar Negeri  Perancis, Robert Schuman, yang menjadi tonggak awal dari terbentuknya Uni Eropa," ungkap Olof. 

Laili Damayanti