Deteksi dan Kelola Stres Anda!

By nova.id, Rabu, 24 April 2013 | 06:56 WIB
Deteksi dan Kelola Stres Anda! (nova.id)

Meskipun stres bisa Anda temukan di mana pun, tapi jujur, hal ini pastinya lebih sering Anda rasakan ditempat kerja, bukan? Menghadapi klien yang marah, pekerjaan yang menumpuk, dan  deadline yang sudah di depan mata, adalah penyebab yang umumnya membuat Anda stres. Sebelum stres Anda berubah menjadi depresi atau berdampak pada kesehatan, lakukanlah beberapa hal di bawah ini untuk membantu mendeteksi dan mengurangi stres saat bekerja:Tahu apa yang mmebuat Anda stres dan kelola itu.

Kenali sinyal pada stres Anda. Apakah itu sakit kepala, kekurangan energi, mudah marah, atau tidak mampu berkonsentrasi.Keluar dari sana!

 Bila Anda merasa "panas", tinggalkan sejenak tempat atau orang yang membuat Anda stres dan berjalan-jalan sebelum Anda semakin "panas". Misalnya, bercakap-cakap dengan rekan kerja atau sekadar mengambir air minum. Hal itu dapat mengalihkan perhatian Anda. Berjalan-jalan dan berolahraga.

Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga di luar, tidak peduli apakah Anda sedang mengenakan setelan jas atau celana jeans, berjalan-jalanlah di luar ruang kerja atau kantor selama 30 menit.  Ini akan menyegarkan pikiran Anda.Hadapi dengan humor.

Humor di tempat kerja bisa menurunkan atau mengurangi stres, jadi pastikan Anda menikmati lelucon. Humor juga dapat mendorong mood dan meningkatkan produktivitas. Buat daftar.

Buatlah daftar strategi dari hal-hal yang akan Anda lakukan. Urutkan setiap hal itu dari yang mudah hingga yang tersulit. Bangun lebih awal.

Mulai hari Anda 30 menit lebih awal dari biasanya untuk membuat perbedaan. Isi waktu itu dengan membaca koran tanpa gangguan, mendengarkan atau menonton program berita favorit Anda, meregangkan dan bermeditasi, sarapan, dan lain sebagainya. Tempatkan diri Anda di belakang. Seringkali seseorang stres jika ia tidak bisa menggapai target yang ditentukannya. Sebenarnya tidak masalah jika Anda menurunkan target hidup Anda sesekali. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mendapatkan apa yang Anda inginkan tanpa harus menguras energi. Namun demikian, tetaplah bekerja keras dan belajarlah bangga terhadap diri Anda sendiri.Kata-kata motivasi.

Sediakan papan tulis di rumah atau meja kerja Anda. Tulislah segala sesuatu yang dapat memotivasi Anda.Bergabung dengan asosiasi.

Cari jaringan dalam industri Anda untuk membagi pikiran Anda, sehingga Anda dapat mengurangi beban yang selama ini membuat Anda stres.Menangis.

Tidak apa-apa sesekali menjadi emosional. Ini berarti Anda memiliki gairah dan peduli tentang apa yang Anda lakukan. Menangis dapat membersihkan tubuh dan pikiran sebelum Anda melakukan langkah yang baru.  

Ester Sondang