Saffron Jadi Rempah Termahal

By nova.id, Jumat, 15 Maret 2013 | 12:05 WIB
Saffron Jadi Rempah Termahal (nova.id)

Saffron Jadi Rempah Termahal (nova.id)

""

Harga Saffron memang mahal bahkan satu kilo Saffron saja harganya saat ini mencapai 11 juta. Bagaimana tak mahal karena untuk mendapatkan Saffron ini maka harus mengambil bagian tangkai putik saja dari bunga crocus sativu. Bunga ini pun hanya subur dan tumbuh di negara Iran,Spanyol, India, Yunani, Maroko, Itali dan Azerbaijan. Dalam satu bunga hanya ada 3 tangkai putik dan ukurannya pun sangat halus dengan panjang 2-4 cm. Tak heran apabila memang rempah ini memiliki harga yang selangit.

Selain menjadi pewarna dalam makanan ternyata Saffron ini juga memilki banyak khasiatnya untuk kesehatan.Mulai dari berfungsi mempertajam penglihatan, memperbaiki sistem imunisasi tubuh, pencegah kanker dan mengobati gejala depresi, meredakan penyakit  asma, insomnia serta sakit kala menstruasi tiba. Salah satu cara yang praktis adalah dengan mencampurkan rempah ini ke dalam minuman hangat.

Nah yang paling menakjubkan dari rempah ini adalah ternyata dengan menggunakan Saffron bisa menimbulkan efek tidak lapar sehingga bisa menjadi obat diet. Beberapa ahli pengobatan memang menggunakan Saffron sebagai campuran. Sayangnya, di Indonesia sendiri rempah ini dilirik sebagai obat karena harganya yang juga mahal. Selain itu ternyata ada efek yang dapat ditimbulkannya apabila mengkonsumsinya terlalu berlebihan yakni keracunan.

Swita/Berbagai Sumber