Pengakuan Pengemudi yang Seret Mahasiswa Sejauh 30 Km Hingga Tewas

By nova.id, Minggu, 1 Maret 2015 | 05:34 WIB
Pengakuan Pengemudi yang Seret Mahasiswa Sejauh 30 Km Hingga Tewas (nova.id)

Tabloidnova.com -- Kepala Polres Cimahi Ajun Komisaris Besar Erwin Kurniawan mengatakan, polisi sudah memeriksa pengemudi Honda City D 1347 UI atas nama Yana (43) yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Firman Nurhidayat. 

Firman (21), mahasiswa yang tewas terseret sejauh 30 kilometer karena tersangkut di bagian bawah mobil Yana, Jumat (27/2/2015) malam.

"Sudah kita periksa pengemudinya," kata Erwin saat dihubungi, Sabtu (28/2/2015). Kepada polisi, Yana mengaku awalnya tidak tahu jika ada yang korban yang tersangkut di bawah mobilnya hingga terseret sejauh 30 kilometer. 

"Pengakuannya, pada saat kecepatan sedang, awal-awal kejadian, dia tidak tahu jika ada korban yang nyangkut di bawah mobilnya," kata Erwin.

Korban mengaku baru tahu ada seseorang tersangkut dan terseret mobilnya ketika mobil melaju beberapa kilometer dari lokasi pertama di Jalan Raya Kebon Kopi, Kota Cimahi. 

"Indikasinya dia tahu. Pengakuannya, pengemudi baru tahu (ada orang terseret mobilnya) setelah dikejar kami. Mungkin karena panik, karena merasa terkejar dan ditambah ada banyak orang yang memberi tahu kalau ada yang tersangkut, jadi dia terus melaju dan berusaha kabur, tetapi awalnya dia mengaku enggak tahu," kata Erwin. 

Menurut dia, Yana merupakan warga Gang Ibu Karees No 240-187 A RT 03 RW 01 Kelurahan Maleber Kecamatan

Andir, Kota Bandung. Pada saat diperiksa, dia hanya membawa SIM A, sedangkan STNK kendaraannya hilang. "Mobil itu datang dari arah Cibeureum menuju ke arah Cijerah," katanya. Namun, karena merasa bersalah, mobil jadi berkeliaran ke mana-mana. Pengemudi berusaha kabur. 

Sebelumnya diberitakan, seorang mahasiswa terseret sejauh 30 kilometer karena tersangkut di kolong mobil Honda City. Pengendara mobil Honda City itu terus menjalankan kendaraannya dan diketahui sempat menambah kecepatannya. Mobil itu lalu mengarah ke kawasan Cijerah dan masuk ke Tol Pasir Koja, dan berhasil diberhentikan di Tol Cipularang Km 116+600 B sebelum Tol Cikamuning.  

Rio Kuswandi/Kompas.com