Awali Ibadah Puasa dengan Sahur Berkualitas

By nova.id, Jumat, 4 Juli 2014 | 13:58 WIB
Awali Ibadah Puasa dengan Sahur Berkualitas (nova.id)

Awali Ibadah Puasa dengan Sahur Berkualitas (nova.id)

"Awali Ibadah Puasa dengan Sahur Berkualitas "

Agar tetap bugar dan tidak mudah lapar saat puasa, berikut tips sahur yang baik:

1. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak air

Kita membutuhkan cairan yang cukup, karena 60 persen dari tubuh kita terdiri atas air. Kekurangan cairan bisa membuat badan lemas, sakit kepala, dan tidak bisa berkonsentrasi.

Namun, cairan itu tidak bisa didapatkan selama menjalankan puasa. Karena itu, Anda perlu mendapatkan cairan ini ketika sahur. Menu makanan berkuah, air mineral, dan segelas jus bisa menjadi sumber cairan bagi tubuh. Usahakan juga minum segelas air putih saat bangun tidur akan sahur.

2. Pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas tubuh. Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, tidak bersemangat, lesu, dan kurang konsentrasi. Lantas karbohidrat apakah yang baik dikonsumsi saat sahur? Sudah pasti karbohidrat kompleks yang mengandung serat.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama, dan tak mudah membuat Anda lapar. Karbohidrat kompleks yang tinggi kandungan seratnya akan melepaskan energi secara perlahan, sehingga sesuai untuk dikonsumsi saat sahur sebagai bekal Anda berpuasa seharian.

Oatmeal merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi. Berbeda dengan karbohidrat sederhana seperti roti putih dan nasi putih yang bersifat quick energy release, sahur tinggi serat seperti Oatmeal bersifat slow energy release sehingga dapat memberikan energi untuk aktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

Oat lebih lama dicerna tubuh karena serat larutnya lebih lambat dicerna. Inilah yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal tersebut merupakan efek dari kombinasi serat dan protein pada oat. Namun sering kali karena terlambat bangun sahur, kita cenderung memilih hidangan yang praktis tanpa memikirkan lebih jauh kandungan gizinya. Padahal sahur merupakan awal modal kita memulai ibadah puasa.

Sahur dengan oat membuat tubuh lebih berenergi lebih lama tanpa khawatir lemas dan kurang gizi. Karena, oat mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang dicerna lebih perlahan sehingga Anda dapat berenergi lebih lama dan menunda rasa lapar. Kandungan Beta Glucan dalam oat juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Oatmeal untuk Menu SahurBanyak cara untuk membuat Quaker Oatmeal untuk hidangan sahur. Bahan tambahannya pun dapat Anda variasikan sesuai selera keluarga; manis atau asin. Untuk menu yang manis dan segar, tambahkan saja buah-buahan, selai kacang,cokelat, atau kayumanis. Sedangkan untuk citarasa yang asin, Anda bisa menambahkan jamur, bawang bombay,kacang-kacangan, telur, keju, dan lain sebagainya.

+RESEP QUAKER

Awali Ibadah Puasa Anda dengan Sahur Quaker Oatmeal.