Bikin Album Foto Plesiran dengan Pandume

By nova.id, Sabtu, 19 April 2014 | 09:57 WIB
Bikin Album Foto Plesiran dengan Pandume (nova.id)

TabloidNova.com - Sebuah aplikasi sosial buatan lokal yang menawarkan konsep baru dalam mengabadikan momen dan berbagi pengalaman baru saja diluncurkan di Jakarta, Rabu (16/4). Aplikasi ini memungkinkan pengguna merangkai tiap momen berharga mereka, sekaligus berbagi informasi dan pengalaman secara utuh dalam sebuah jurnal visual. Selain itu juga mengajak orang lain untuk melihat dunia dari sudut pandang secara lebih luas.

Co-founder dan COO Pandume, Roy Prawira, pada peluncuran aplikasi ini mengatakan, "Pandume berbeda dari aplikasi sosial lainnya, karena berfokus pada minat dan pengalaman pengguna yang kemudian memadukannya dengan konsep jejaring sosial. Kami percaya, setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menikmati momen perjalanan hidupnya. Ada yang mewujudkannya dalam bentuk wisata, ada juga yang menyalurkannya melalui hobi lainnya. Apa pun minat Anda, baik itu wisata makanan, musik, fotografi, olahraga, budaya, atau sejarah, Pandume memungkinkan penggunanya terhubung dengan berbagai hal tadi dengan dunia."

Semakin unik dan menarik, sebab Pandume hadir dengan beberapa fitur unggulan:

* Route: fitur yang memungkinkan pengguna mengabadikan momen dalam rangkaian jurnal visual yang terdiri atas 8 gambar, dilengkapi dengan penjelasan. Route dapat dibuat seperti yang diinginkan pengguna secara lebih personal dan menarik. Bahkan pengguna bisa menyebutkan nama teman di dalam Route yang dibuat. Dengan sistem tracking yang dimiliki, pengguna dan teman-temannya dapat melihat jejak perjalanan yang sedang atau telah dilakukan.

* Now: bila terinspirasi dari sebuah Route seorang kawan atau pengguna lain, fitur ini memungkinkan pengguna untuk meniru Route-nya itu untuk sekaligus memandu si pengguna melalui poin daftar pengalaman.

* Search: menjelajah Route pengguna lain untuk mendapat inspirasi. Fungsi pencarian atau "search" berdasarkan kata kunci atau "keyword" dan "hashtag", yang mempermudah penemuan informasi yang sesuai dengan minat pengguna.

* Share: pengguna bisa menyebarkan infromasi mengenai pengalaman perjalanan Anda ke teman dan keluarga yang terhubung melalui akun media sosial populer seperti Facebook, Twitter, Tumbler, dan Pinterest.

"Dengan Pandume, pengguna bisa menyempurnakan kenangannya selama melakukan perjalanan atau berkegiatan apa pun dengan fitur Route. Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya bisa mem-posting per satu foto saja, tanpa bisa menulis ulasannya," ungkap Tonny, konsultan wisata yang sudah menjadi pengguna Pandume sejak awal.

Sedangkan pasangan backpacker Dua Ransel, yakni Dina dan Ryan, mengaku, dengan mengunduh aplikasi Pandume, kegiatan berwisata yang mereka lakukan selama 5 tahun ini dengan cara backpacking menjadi semakin seru dan bermakna.

"Karena saya blogger, jadi ketika saya posting foto dari suatu tempat, bisa sekaligus bikin penjelasannya sedikit soal tempat atau makanan, misalnya. Apalagi fitur Route bisa menyimpan sampai 8 foto, seperti album foto. Sehingga pengalaman yang kami rasakan tidak tercecer," tutur Dina yang saat ini sedang berada di Jakarta dan bersiap melakukan perjalanan ke sejumlah daerah di Indonesia bersama sang suami, Ryan.

Untuk saat ini, Pandume baru tersedia untuk iOS. Namun Anda pengguna Android akan bisa menggunakannya tak lama lagi.

Intan Y. Septiani