Dark Cherry Pie

By nova.id, Jumat, 28 September 2012 | 06:09 WIB
Dark Cherry Pie (nova.id)

Kulit:75 g mentega50 g gula halus50 g selai kacang170 g tepung terigu1 bh kuning telur25 ml air es

Isi:75 g mentega60 g gula pasir halus1 btr telur60 g tepung terigu protein ­sedang10 g tepung maizena½ sdt air lemon1 sdm susu cair150 g dark cherry

Cara Membuat:1. Kulit: Campur mentega, gula halus, selai kacang, dan tepung terigu dengan pisau pastry sampai adonan berbutir. Tambahkan kuning telur dan air es. Uleni hingga kalis. Diamkan selama 15 menit di lemari es.2. Giling adonan kulit, cetak bentuk bulat.3. Masukkan adonan kulit ke dalam loyang muffin bergaris tengah 3 cm yang sudah diolesi margarin.Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Angkat, sisihkan.4. Isi: Kocok mentega dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur, kocok hingga rata. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata.5. Terakhir tambahkan air lemon dan susu cair, aduk rata.6. Tuang sedikit adonan ke dalam kulit pai, beri dark cherry, tutup dengan adonan.7. Panggang kembali di oven bersuhu 180 derajat selama 25 menit atau sampai matang. Lepaskan kue dari cetakan, sajikan.

20 buah 45 menit

Tips: Kalau tidak ada pisau pastry, gunakan dua pisau atau uleni menggunakan ujung jari sampai kalis. Jangan menguleni adonan seperti membuat roti (digilas) karena adonan akan liat seperti karet.

Resep: Nuraini W. | Uji Dapur: Klub Nova | Penata Saji: T. Firta Hapsari | Foto: Fadoli Barbathully/NOVA