Langkah Tepat Memandikan Bayi

By nova.id, Senin, 16 Juli 2012 | 22:45 WIB
Langkah Tepat Memandikan Bayi (nova.id)

Langkah Tepat Memandikan Bayi (nova.id)

"Ilustrasi "

-  Bila perlu, siapkan air hangat dengan suhu sekitar  40 hingga 48 derajat celcius. Pada suhu hangat, kulit mati dan kotoran dapat terangkat dari kulit bayi dengan lebih mudah.

-  Isi bak atau bath tub bayi dengan air hangat lalu coba uji dengan siku. Air seharusnya terasa hangat nyaman dan bukanlah panas.

-  Pastikan semua yang akan dipergunakan sudah berada di dekat bath tub atau bak bayi. Misal, sabun bayi, bola kapas dan popok kering. Berikutnya, juga persiapkan handuk mandi dan handuk seka untuk bayi. Setelah semuanya siap, bayi dapat masuk ke kamar mandi.

-  Jika Anda melupakan beberapa barang, angkat dan pastikan bayi selalu dalam gendongan Anda.  Ini akan sulit ketika bayi basah dan sedikit licin (karena sisa sabun). Namun yang terpenting, jangan pernah tinggalkan bayi sendirian di air.

-  Jangan angkat telepon dan abaikan sementara bel pintu rumah ketika sedang memandikan bayi.  Ini dapat memecah fokus dan membahayakan bayi. Jika memang mendesak, angkat dan gendong bayi selalu bersama Anda.

-  Jika pasangan atau rekan terbiasa kerap menelpon, beri tahu mereka jam-jam dimana Anda biasa memandikan bayi.

 Laili / dari berbagai sumber