Asah Sambil Asuh (2)

By nova.id, Sabtu, 2 Juni 2012 | 22:51 WIB
Asah Sambil Asuh 2 (nova.id)

Lakukan di Rumah

Langkah-langkah berikut bisa dipraktikkan di rumah agar konsentrasi anak bisa lebih baik:- Mengatur jadwal anak karena rutinitas akan membantu anak berkonsentrasi.- Pastikan ruang belajar bebas dari mainan atau barang yang tak diperlukan.- Biarkan anak membaca keras-keras materi pelajaran jika anak merasa cara ini dapat membantunya berkonsentrasi.- Jauhkan anak dari adiknya jika celotehan atau tangisan Si Adik berisiko mengganggu.- Carilah topik yang menarik perhatian anak.- Usahakan anak tidak merasa lapar, lelah, atau mengantuk saat belajar.- Ketika anak gagal, orangtua harus meyakinkan anak bahwa ia mampu.- Bersabarlah ketika berkomunikasi dengan anak sebab berteriak atau memarahi hanya akan membuatnya frustrasi.- Biarkan anak beristirahat selama 10 menit setelah 1 - 2 jam belajar supaya pikiran anak segar kembali.

Jangan Dipaksa

Sesuai usianya, anak-anak memiliki rentang perhatian dan kemampuan konsentrasi yang tidak sama. Menurut Fika, anak usia 5 tahun paling lama bisa berkonsentrasi sekitar lima belas menit saja. Sementara anak usia 2 tahun bisa berkonsentrasi sekitar tujuh menit. Hal serupa juga diungkapkan oleh Lucia, "Anak yang usianya 2 - 3 tahun, jika sudah memiliki atensi sekitar 3 - 5 menit itu sudah bagus." Artinya, jangan memaksakan anak untuk berkonsentrasi lebih lama daripada kemampuannya.

Jika orangtua melihat ketidaksesuaian antara anak mereka dengan anak lain seusianya, carilah informasi di buku perkembangan anak atau berkonsultasi langsung kepada psikolog anak. Tujuannya agar orangtua bisa menelusuri penyebab awal anak sulit berkonsentrasi sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.

Ester Sondang