Inilah Penyebab Beredarnya Meme Polwan "Di Situ Saya Merasa Sedih"

By nova.id, Senin, 23 Februari 2015 | 08:43 WIB
Inilah Penyebab Beredarnya Meme Polwan Di Situ Saya Merasa Sedih (nova.id)

Tabloidnova.com - Kalimat "Di situ kadang saya merasa sedih" yang dilontarkan polwan ini sekarang begitu terkenal. Anda mungkin telah banyak menemukannya di media sosial, di mana meme yang menampilkan foto seorang polwan beserta tulisan tersebut berseliweran dan mengundang banyak tawa.

Siapa sebenarnya sosok dalam meme polwan "Di situ kadang saya merasa sedih" ini? Kemudian, dari mana asal-usul meme polwan tersebut?

Istilah "meme" (dibaca: mim), sederhananya adalah sebuah ide atau konsep yang disebarluaskan secara viral di media massa. Anda sering melihat sebuah gambar yang dibuat seperti komik dengan memberikan kalimat-kalimat bernada humor? Itulah yang bisa kita sebut meme.

Meme polwan "Di situ kadang saya merasa sedih" yang belakangan ramai diperbincangkan adalah salah satu contohnya. Saking booming-nya, jargon ini bahkan sering digunakan komedian Sule saat membawakan sebuah acara.

Ternyata, meme polwan berisi kalimat "Di situ saya merasa sedih" ini berawal dari ucapan seorang polwan dalam tayangan teve bertema polisi di salah satu stasiun televisi swasta.

Saat itu, sang polwan yang tengah diwawancara mengungkapkan suka-dukanya menjadi polisi. Salah satu penggalan kalimatnya saat berturtur adalah "...di situ kadang saya merasa sedih."

Polwan itu adalah Brigadir Dewi Sri Mulyani. Dewi sehari-hari bertugas di Unit Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung. Wanita kelahiran Subang 16 Oktober 1982 ini tak menyangka ucapannya itu akan booming seperti sekarang. "Ya, tidak menyangka akan seperti ini," katanya di Mapolrestabes Bandung, Jumat (20/2).

Ia mengakui, pertama kali tahu bahwa fotonya telah tersebar secara viral adalah dari keponakannya. Saat itu, ia melihat wajahnya dijadikan display picture pada Blackberry Messenger (BBM). Dalam tersebut juga ada tulisan "di situ kadang saya merasa sedih."

Dewi lalu sadar, ucapannya itu diambil saat ia tengah shooting sebuah program bertema polisi. Ketika itu dia berperan sebagai polisi sahabat anak di Taman Lalu Lintas Bandung. "Wartawannya waktu itu nanya, bagaimana kalau melihat anak yang rewel? Saya improvisasi dengan menjawab, di situ kadang saya merasa sedih," ucapnya.

Ina Maharani/Tribun Jabar