Masalah Umum Kesehatan Anak (1)

By nova.id, Jumat, 28 Agustus 2009 | 03:01 WIB
Masalah Umum Kesehatan Anak 1 (nova.id)

Masalah Umum Kesehatan Anak 1 (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto/NOVA "

Anak saya hobi berenang. Belakangan ini telinganya kerap sakit. Bisakah infeksi telinga akibat berenang seperti ini dicegah?Radang telinga (otitis externa), biasa dialami anak-anak yang banyak menghabiskan waktu di air, misalnya yang hobi berenang. Air bisa mengendap di kanal telinga, dan menyebabkan iritasi dan infeksi. Biasanya, infeksi telinga bagian luar bisa dicegah, kok.

Langkah awal, anak Anda bisa menggunakan earplug (penutup lubang telinga), agar air tidak masuk ke telinga, sehingga saluran telinga tetap kering. Atau, jika sudah terlanjur basah, minta anak untuk memiringkan kepalanya ke arah masuknya air, supaya air yang ada di dalam telinga mengalir keluar. Cara lain, Anda mengeringkan telinga yang kemasukan air dengan memanfaatkan pengering rambut dalam setelan paling rendah. Jaga jaraknya sekitar 12 inchi dari telinga.

Jika telinga putri Anda tak juga mengering, tanya pendapat dokter mengenai kemungkinan menetesi telinga dengan alkohol usai berenang untuk mencegah infeksi. Ingat, jangan bersihkan telinga anak Anda dengan kapas atau lainnya. Membersihkan telinga dengan cara yang tak tepat malah akan melukai kulit di dalam telinga, dan membiarkan bakteri atau jamur masuk. Jika terbiasa, lilin telinga (ear wax) bisa dimanfaatkan untuk menghindari radang akibat berenang.

Radang telinga bisa disembuhkan dengan antibiotik. Biasanya dokter akan meminta pasien untuk istirahat dulu dari kolam renang selama masa pemulihan berlangsung.

Anak saya (4) bukan penggemar permen, tetapi dia suka sekali minum jus. Sekarang, gigi bagian depannya mulai berubah warna. Apakah hal tersebut disebabkan oleh konsumsi jus yang berlebihan?Ya! Boleh jadi, jus yang menyebabkan gigi anak Anda berubah warna. Penelitian membuktikan, kandungan gula dalam jus buah dapat mengikis enamel gigi, khususnya jika si anak minum jus secara terus-terusan sepanjang hari, bahkan sesaat sebelum tidur.Kerusakan gigi terjadi ketika jus berada di sekitar gigi untuk waktu lama. Hal yang sama juga bisa dialami oleh bayi yang dibiarkan tertidur dengan botol susu berada di dalam mulut mereka. Sungguh sangat baik jika Anda mengurangi asupan jus dan minuman bergula lain, serta menghindari memberikan putra/ putri Anda susu botol sebelum tidur. Biasakan untuk mulai memeriksakan gigi anak setelah ulangtahun mereka yang pertama.

***