Satu dari Tiga Orang Dewasa Menderita Hipertensi

By nova.id, Rabu, 10 April 2013 | 08:07 WIB
Satu dari Tiga Orang Dewasa Menderita Hipertensi (nova.id)

Satu dari Tiga Orang Dewasa Menderita Hipertensi (nova.id)

"Ilustrasi "

"Tidak jarang, hipertensi ditemukan secara tidak sengaja pada waktu pemeriksaan kesehatan rutin atau datang dengan keluhan lain," lanjut Jeffri saat community gathering  "Aksi Peduli Hipertensi (Appetency" di Jakarta.

Laporan statistik kesehatan dunia tahun 2012, 1 dari 3 orang dewasa di seluruh dunia menderita tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi terbanyak di dunia berada di beberapa negara di Afrika. Data Kementerian Kesehatan RI tahun 2012 menunjukkan, tingkat kejadian hipertensi atau tekanan darah di Indonesia cukup  tinggi, yakni31,7%. Tahun 1995, 1 dari 10 orang menderita hipertensi. Tahun 2007 emningkat menjadi 1 dari 3 orang berusia18 tahun ke atas menderita hipertensi. Perempuan sedikit lebih banyak mengalami hipertensi daripada laki-laki. 

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 juga menunjukkan, sebagian besar kasus hipertensi di masyarakat belum terdiagnosis. Baru 7,2% penduduk yang sudah mengetahui memiliki hipertensi, sementara76% kasus hipertensi di masyarakat belum terdiagnosis, atau 76% masyarakat belum mengetahui bahwa mereka menderita hipertensihanya. Dari jumlah itu, hanya 0,4% kasus penderita yang minum obat antihipertensi..

Hasto