Say Cheese!

By nova.id, Sabtu, 10 November 2012 | 23:32 WIB
Say Cheese (nova.id)

Say Cheese (nova.id)

"Foto: Adrianus Adrianto/NOVA "

Alat & Bahan:? Kain belacu (panjang 1 meter, lebar 7 cm)? Pita tebal (panjang 50 cm)? Pita renda (panjang 1 meter)? Kain motif? Kancing? Pengait besi? Krayon kain? Gunting? Benang dan jarum? Penggaris? Selofan

Disemat Pita

Step by Step:1. Gunting kain belacu sepanjang 1 meter dengan lebar 7 cm, lipat kain dan jahit hingga ujung kain, lalu balik kain agar jahitan berada di dalam.2. Buat pita dari tiga lembar kain bermotif masing-masing berukuran 10x10 cm, 8x10 cm, dan 4x5 cm. Caranya, lipat dua kain motif ukuran 10x10 cm dan bagian bermotif berada di dalam. Jahit semua pinggirannya dan sisakan sedikit untuk membalik kain. Lakukan hal yang sama untuk dua ukuran kain motif lainnya.3. Tumpuk kain motif ukuran 10x10 cm dan 8x10 cm yang telah dijahit sisi-sisinya, lalu beri aksen kerut di tengahnya.4. Tempel pita di atas kain belacu, lalu satukan menggunakan kain motif berukuran 4x5 cm tadi dengan cara dijahit.5. Masukan pengait besi di ujung kain belacu, lalu lipat kain ke arah depan, beri kancing, lalu satukan dengan cara dijahit.

Renda Cantik

Step by Step:1. Gunakan pita renda yang bertekstur tebal dan masukan pengait besi di kedua ujung pita dan jahit.2. Gunting kain belacu berukuran 6x8 cm, lalu jahit setiap sisinya.3. Jahit kain belacu tersebut sebagai aksen sekaligus menutupi area jahitan di pita.

Main Motif

Step by Step:1. Pilih pita tebal yang bertekstur seperti kain sepatu, lalu tempelkan selofan hingga membentuk motif yang Anda inginkan.2. Warnai setiap area yang tidak tertutup selofan dengan menggunakan krayon kain.3. Buka selofan perlahan-lahan dan rapikan motif yang Anda buat.4. Masukan pengait besi, lalu jahit kuat kedua ujung pita.

Annelis Brilian

Kreasi : R. Haryanti Mulia, http://toscaberries.blogspot.com, Foto: Adrianus Adrianto/NOVA