Takaran yang Pas

By nova.id, Minggu, 19 Juni 2011 | 22:58 WIB
Takaran yang Pas (nova.id)

Takaran yang Pas (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadillah "

Gelas Ukur

Biasanya terbuat dari bahan akrilik, plastik, atau gelas tahan panas. Digunakan untuk mengukur bahan cair seperti susu cair, air, santan, minyak, dan bahan cair lain. Untuk gelas ukur, satuan yang digunakan adalah ml atau cc. 

Sendok Ukur

Disarankan memakai sendok ukur berbahan stainless steel. Pasalnya, sendok ukur ini digunakan untuk mengukur bahan makanan kering dan cair dalam jumlah kecil, seperti garam, madu, minyak, tepung, dan lain-lain. Jika memakai sendok ukur dari plastik, sisa bahan lain yang digunakan masih menempel. Biasanya sendok ukur dijual dalam satu set berisi 4 ukuran, yaitu 1 tablespoon/15 ml, 1 teaspoon/5 ml, ½  teaspoon/2 ml dan ¼ teaspoon/1 ml. 

Timbangan

Terdapat dua macam timbangan yaitu timbangan konvensional dan timbangan digital. Timbangan konvensial biasanya tidak dapat digunakan untuk menimbang bahan makanan dalam jumlah yang sedikit, seperti 10 gram karena hasilnya tidak akan akurat. Kelemahan timbangan ini kadang ukurannya tidak akan stabil. Sedangkan timbangan digital hasilnya akan sangat akurat, bahkan untuk takaran 1 gram dan lebih stabil. 

Cangkir Ukur

Cangkir ukur banyak dijual dari bahan stainless steel, plastik maupun gelas. Cara menggunakannya sama saja dengan alat ukur yang lain, akan tetapi setelah bahan makanan dimasukkan, ratakan permukaannya dengan pisau atau alat rata yang lain. Digunakan untuk menakar bahan makanan kering, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Dalam satu set cangkir ukur tersedia 4 ukuran, yaitu ¼ cup (60 ml), 1/3 cup (80 ml), ½ cup (125 ml) dan 1 cup (250 ml). 

Dahrani Putri