Bawa Segera Si Kecil ke Dokter Jika...

By nova.id, Rabu, 25 Maret 2009 | 06:50 WIB
Bawa Segera Si Kecil ke Dokter Jika (nova.id)

Tidak setiap gejala awal penyakit pada bayi atau anak berbahaya. "Adakalanya orang tua dapat memberikan pertolongan pertama untuk mengurangi gejala yang diderita anak," kata Dr. H. Adi Tagor, Sp.A dari RSI Bintaro. Nah, kapan anak sebaiknya segera dilarikan ke rumah sakit? DEMAM Orangtua boleh cemas jika demam anak tak wajar, seperti: - Mendadak demam tinggi sampai di atas 38 derajat. Bisa juga disertai muntah. - Anak di bawah 3 tahun terus-menerus menangis. - Tubuh anak kejang atau lemas dan gelisah. - Mata mendelik, pandangan kosong, serta ada gerakan-gerakan tangan kaki. Dalam kondisi demikian, untuk anak balita bisa diberikan obat penurun panas yang dijual bebas. "Berikan sesuai dosis. Jangan lupa, beri air putih untuk mencegah dehidrasi," saran Adi. Bila sejam setelah minum obat, suhu tubuh tak kunjung turun, "Segera bawa anak ke dokter," lanjut Adi.

PILEK Pilek yang dialami anak-anak dapat diatasi orangtua dengan cara: - Berikan obat pilek yang aman dan dijual bebas di pasaran. Jika setelah 2 kali minum obat, pileknya belum berkurang, segera datangi dokter. Apalagi pilek pada anak kadang disertai dengan keluhan sesak napas. - Beri ia air putih sebanyak-banyaknya.

BATUK Batuk yang harus diwaspadai adalah jika suara batuknya kering, frekuensi batuk tinggi disertai sesak napas, atau muntah-muntah. Untuk mengatasinya, orangtua dapat memberikan obat batuk yang dijual bebas. "Tapi jangan lebih dari dua kali. Kalau masih belum sembuh, harus segera ke dokter," pesan Adi.

DIARE Penanganan pertama yang bisa dilakukan orangtua jika anak diare antara lain memberikan kao pectat atau oralit khusus untuk bayi. Berikut ini gejala diare yang harus segera dibawa ke dokter. - Anak terlihat lemas, tak tampak ceria, dan tidak banyak bergerak. - Mata cekung, kekenyalan kulit menurun, mulut dan lidah kering, dan berat badan turun lebih dari 5 persen. Yang perlu diwaspadai jika anak demam tinggi, muntah dan diare secara bersamaan. "Meski belum sehari, sebaiknya segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit," tukas Adi.

SEMBELIT Sembelit pada anak dapat diatasi orangtua dengan cara: - Menggunakan obat pencahar khusus untuk anak. - Memakai cotton buds yang telah dicelupkan ke baby oil. Oleskan di dubur dengan hati-hati. - Atau pijatan ringan pada perutnya. Nah, jika orangtua bisa menolong anak mengatasi sembelit, tentu anak tak perlu dibawa ke dokter.

PERLU KOMPRES? "Kompres berfungsi menarik panas dari yang terlalu tinggi ke panas yang lebih rendah. Jadi, demam pada anak tak akan hilang hanya dengan kompres tanpa diberikan air putih dan obat," tukas Adi. Jika ingin tetap mengompres anak, sebaiknya gunakan air biasa. Dian Desilia Widyasari