Hati-hati, Banyak Jamur di Gym

By nova.id, Selasa, 26 Maret 2013 | 00:47 WIB
Hati hati Banyak Jamur di Gym (nova.id)

Hati hati Banyak Jamur di Gym (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono/NOVA "

Infeksi umum yang disebabkan oleh jamur misalnya atlet foot, jock itch, dan kurap. Pada orang sehat, tiga jenis infeksi ini biasanya tidak menyebar ke luar permukaan kulit, sehingga mudah diobati. Jika Anda banyak sekali menghabiskan banyak waktu di gym, lakukan beberapa langkah-langkah untuk melindungi diri dari infeksi jamur.Kurap

Nama asing dari kurap adalah ringworm. Namun bukan berarti penyakit ini disebabkan oleh cacing. Tapi karena, bentuk infeksinya yang melingkar dan berwarna merah. Infeksi jamur pada kurap terasa sangat gatal dan biasa terjadi di tubuh atau kulit kepala. Anda berisiko tertular jika melakukan kontak dengan hewan peliharaan, orang, atau barang-barang yang terkontaminasi infeksi jamur ini. Cegahlah penyebaran infeksi dengan menjaga tubuh tetap bersih dan kering. Jangan memakai barang pribadi, seperti handuk, sisir, dan lainnya, yang bukan milik Anda karena infeksi ini mudah menyebar.

Athlete's Foot

Athlete's foot adalah jenis infeksi jamur yang terjadi di bagian kaki. Penyebab infeksi ini membuat kaki terasa gatal, terbakar, retak, dan mengelupas. Penyebarannya bisa melalui lantai ruang ganti, handuk basah, dan sepatu yang tercemar. Oleh karenanya, selalu gunakan sepatu mandi saat Anda berada di gym, cuci kaki setiap hari, dan lakukan pengeringan dengan baik. Jika memungkinkan, gunakanlah kaus kaki bersih setiap saat.

Jock Itch

Jock itch adalah jenis jamur yang berada di sekitar pangkal paha dan menyebabkan gatal dan ruam merah. Jamur ini biasanya sering terjadi pada pria. Selain jamur, infeksi ini biasanya disebabkan oleh keringat dan lingkungan lembab. Jamur pada jock itch sangat mudah dicemarkan melalui peralatan atletik. Anda bisa mencegahnya dengan menjaga pangkal paha tetap bersih dan kering, mengenakan pakaian bersih setiap hari, dan menghindari mengenakan pakaian ketat.

Jamur Kuku

Jika kuku Anda menjadi rapuh, berubah warna, dan menebal, bisa jadi kuku Anda terinfeksi jamur. Untuk mencegahnya, jaga tangan dan kaki tetap bersih dan kering, kenakan kaus kaki kering dan bersih, juga sepatu atau sandal di kamar mandi umum, kolam renang, atau ruang ganti. Ketika Anda terinfeksi jamur ini, jangan menggaruk kulit Anda. Selain itu, kenakan sepatu berujung lebar sehingga jari-jari kaki yang sesak bersama-sama dan tidak bertukar gunting kuku dengan orang lain.

Cara Mudah Obati Infeksi jamur

Upaya terbaik dari infeksi jamur, sebenarnya, adalah pencegahan. Namun jika Anda sudah terlanjur terinfeksi, yang pertama harus Anda lakukan ialah berbicara dengan dokter. Untuk infeksi ringan, Anda bisa mengobatinya dengan obat-obatan topikal yang tersedia di pasaran. Namun jika infeksi membandel, sepertinya Anda memerlukan obat resep oral dari dokter atau ahli kulit.Ester Sondang