Perhatian! Air Sungai di Bogor Sudah Meluap

By nova.id, Selasa, 10 Februari 2015 | 08:00 WIB
Perhatian! Air Sungai di Bogor Sudah Meluap (nova.id)

Tabloidnova.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan di Bogor akan terjadi hingga dua hari ke depan. Hujan berpotensi meningkatkan tinggi muka air di sejumlah sungai di wilayah Bogor.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Bogor, Dedi Sucahyono mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga deras akan terjadi sepanjang hari."Hujan ringan terjadi pada pagi dan terus meningkat pada siang hingga malam," ujarnya, Selasa (10/2/2015).

Menurut Dedi, hujan dengan intensitas sedang atau rata-rata di atas 50 milimeter akan terjadi di Bogor bagian Selatan (Puncak), Bogor bagian Timur (Babakanmadang, Jonggol), dan Bogor bagian Barat yaitu sekitar Dramaga.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Bogor bagian tengah yaitu Kota Bogor, Cibinong, dan Depok.

"Yang perlu diperhatikan jika hujan deras di Selatan, Timur, dan Barat. Karena bisa meningkatkan tinggi muka air di beberapa sungai di Bogor," katanya.

Wilayah Selatan tersebut merupakan hulu dari Sungai Ciliwung yang alirannya mengarah ke. ke Jakarta, Wilayah Timur hulu Kali Bekasi yang mengalir ke arah Bekasi, dan Wilayah Barat merupakan hulu Sungai Cisadane mengarah ke Tangerang.

Soewidia Henaldi/Warta Kota