Buah, Nutrisi, dan Kemampuan Menangkal Penyakit

By nova.id, Kamis, 21 Maret 2013 | 06:19 WIB
Buah Nutrisi dan Kemampuan Menangkal Penyakit (nova.id)

Buah Nutrisi dan Kemampuan Menangkal Penyakit (nova.id)

"Foto: Dok. NOVA "

Nah biar semangat mengonsumsi buah, berikut ini ada beberapa daftar jenis buah dan kandungan nutrisinya dan kandungan buah bisa menangkal beberapa penyakit mematikan:

Apel

Meski punya rasa manis, tapi kadar gula sangat rendah. Apel mengandung vitamin C  meski tidak sebanyak jeruk.  Namun buah ini punya kelebihan lain lantaran mengandung quarcetin. Kandungan ini dipercaya memiliki kemampuan sebagai  anti kanker. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan dengan mengunsumsi buah apel akan mengurangi risiko kanker paru-paru. Orangtua kita dulu juga kerap memanfaatkan apel sebagai obat sembelit.

Pisang

Buah ini sangat gampang didapat dan bukan musiman. Sebagai sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. zar ini berfungsi sebagai penahan rasa sakit,  membuat rasa relaks, dan mengurangi ketegangan. Pisang juga cocok bagi yang sedang mengurangi makanan lantaran bisa mencegah nafsu makan. Pisang banyak karbohidrat, karotin, vitamin C, dan kaya kalium.

Jeruk

Inilah buah yang menjadi sumber vitamin C.  Buah ini juga mengandung  hesperidin sebagai  anti oksidan. Bagi penderita tekanan darah tinggi, buah ini juga layak dikonsumsi.

Mangga

Setiap musim tiba, sepertinya kita over produksi Mangga. Buah ini pun menjadi murah harganya. Selain sebagai sumber vitamin C, buah ini juga menjadi anti oksidan untuk melindungi kita dari beragam jenis kanker seperti  kanker usus dan kanker tulang tengkuk.

Anggur

kami sarankan, jika makan buah anggur jangan dibuang kulitnya. Pasalnya justru kulit anggur ini mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, anti bakteri, dan mengandung anti oksidan.

Nanas

Buah ini mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk mengurai protein. Selain itu, nanas berguna untuk membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas juga sebagai sumber vitamin dan memiliki kadar gula yang tinggi.Nah biar seluruh anggota keluarga semangat makan buah, maka sebaiknya buah diletakkan ditata cantik dan diletakkan di meja cantik. Jika ingin mempunyai keranjang buah cantik, silakan klik NOVA Store di sini.