Go Retro!

By nova.id, Selasa, 7 Juni 2011 | 23:45 WIB
Go Retro (nova.id)

Go Retro (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Begitu banyak baju bekas yang dijual, baik di mal maupun secara online. Busana tempo dulu itu bagaikan harta karun yang tersembunyi. Kalau Anda jeli, Anda bisa terkejut menemukan busana yang unik tiada dua. Meskipun begitu, namanya barang zaman dulu, pasti ada saja cacatnya. Pastikan cacatnya masih bisa ditolerir atau diperbaiki, kalau tidak lebih baik cari yang lain saja. Selain itu lebih baik jangan membeli busana bekas yang kebesaran atau kekecilan, karena memperbaikinya pasti memakan biaya dan hasilnya belum tentu sesempurna yang Anda inginkan. Busana bekas juga biasanya punya bau yang sangat khas dan mengganggu, lebih baik cuci di laundry yang bagus agar bau itu enyah selamanya.

Apabila Anda tidak mau memakai busana bekas, Anda juga bisa kok tampil retro dengan busana baru. Caranya adalah menemukan item-item spesifik, misalnya celana lebar, celana atau rok high-waist, rok pensil, dress dengan rok lebar, motif polkadot, busana berbahan lace atau blus berpita.

Oke, Anda telah menemukan busana retro yang pas untuk Anda. Namun Anda tidak perlu terlalu total dalam "ber-retroria" dengan menggunakan barang-barang retro dari atas sampai bawah. Kalau begitu Anda malah akan terlihat benar-benar seperti orang jadul! Pastikan tampilan Anda seimbang dengan memadukan elemen retro dan modern dengan perbandingan 50 : 50. Apabila Anda mengenakan top retro, sebaiknya Anda memadankannya dengan celana atau rok yang modern. Begitu juga dengan aksesorinya, pilihlah yang modern. Biarkan satu item retro saja yang menjadi bintangnya!

Anda bisa memakai aksesori untuk membuat Anda tampil retro, misalnya dengan cara menghiasi dress polos Anda dengan belt yang terbuat dari lace dan kalung mutiara. Aksesori retro antara lain adalah kalung mutiara, kacamata besar ala Jacky O dan aksesori berdetail rumbai atau lace.

Perhatikan icon di masa lalu dan simak cara mereka berpakaian. Blazer tweed dengan lis sangat identik dengan gaya Coco Chanel, begitu juga dengan kalung mutiara yang ditumpuk-tumpuk di atas dress hitam. Jadikan para icon sebagai inspirasi dalam bergaya retro!

Sebaiknya Anda memilih, Anda ingin bergaya retro ala tahun berapa? Setiap tahun memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Tahun 20-an busana yang menonjol adalah segala sesuatu yang berbahan mengilap, tahun 30-an adalah era gaya elegan dengan busana tailor cut, tahun 40-an didominasi oleh busana dengan pad di pundak dan tahun 50-an adalah gaya super lady dengan rok lebar. Sementara tahun 60-an penuh dengan gaya mini dress dan gaya 70-an adalah gaya hippie/bohemian. Yang mana yang Anda inginkan?

Selamat kembali ke masa lampau!

Franka