Sepanjang2013, totalpenjualan Toyota global mencapai 8.659.742 unit, yang berasal dari pasardomestik Jepang sebanyak 1.584.316 unit, sedangkan sisanya 7.075.426 unitberasal dari penjualan global. Di luar pasar domestik Jepang, AmerikaSerikat tercatat sebagai pasar terbesar Toyota sepanjang tahun lalu dengan totalpenjualan 2.236.042 unit.
Sementaraposisi lima besardi luar Jepang diikuti oleh China sebanyak 917.488 unit, Thailand 445.464 unit,Indonesia 435.430 unit, dan Arab Saudi 310.043 unit. Pada posisi enam hingga sepuluh penjualan Toyota global, di luar Jepang,ditempati oleh Australia sebanyak 221.550 unit, Kanada 195.360 unit, Brasil177.982 unit, Rusia 171.616 unit, dan India 147.201 unit.
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan pencapaianyang dicatatkan Toyota Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat posisiIndonesia semakin diperhitungkan di tataran pasar otomotif global. "Pencapaian gemilang sepanjang tahun lalu semakin bermakna karena posisiIndonesia dianggap semakin penting bagi Toyota global," kata Johnny.
Di masa depan, ucapnya, Toyota Indonesia akan terusmemberikan kontribusi besar dalam peringkat teratas penjualan Toyota secaraglobal. Hal itu didukung sejumlah faktor seperti populasi penduduk yang besar,pertumbuhan ekonomi yang mendorong peningkatan jumlah middle class segment,serta image Toyota yang semakin meningkat di pasar mobil domestik berkatkepercayaan dan kesetiaan pelanggan.
Dia menambahkan pencapaian yang diraih selama ini akansemakin mengukuhkan komitmen Toyota Indonesia untuk melakukan Kaizen (continousimprovement), demi memberikan hanya yang terbaik sesuai dengan kebutuhan parapelanggan setia.
Toyota Indonesia, tuturnya, akan terus menghadirkanjajaran produk yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memperluas jaringanpenjualan secara nasional, dan purna jual yang tersebar secara nasional, sertapelayanan aftersales terbaik, sebagai wujud apresiasi atas kepercayaan dankesetiaan para pelanggan selama ini.
Edwin