Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

By nova.id, Senin, 4 Februari 2013 | 08:02 WIB
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan (nova.id)

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan (nova.id)

"Manfaat Kopi Bagi kesehatan. Foto Rini/NOVA "

Menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Zat ini diteliti mampu menstimuli otak dan sistem saraf. Selain pada kopi, kafein juga banyak ada pada minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), serta obat-obatan.

Berpikir lebih cepat. Kafein terbukti mampu memberikan "sinyal" pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak. Coba saja mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein 15-30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau presentasi.

Cegah gigi berlubang. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan, kafein yang terdapat pada kopi ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang. Jadi, tak ada salahnya Anda meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat setelah mengkonsumsi coklat, cake manis, permen, dan lainnya.

Kurangi sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago's Diamond Headache Clinic, penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea.

Legakan napas. Yakni dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru, khususnya bagi penderita asma.

Badan tidak cepat lelah. Diperkirakan kafein menghasilkan "bahan bakar" yang dapat digunaka otot lebih lama.

Tingkatkan rasa riang. Setelah mengkonsumsi kopi, tubuh terasa lebih segar dan energik.

Tingkatkan penampilan mental dan memori. Penelitian di Universitas Arizona menemukan, orang dewasa yang minum kopi sebelum tes memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang tidak minum kopi. Itu karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur seseorang tetap terjaga, terangsang mood dan konsentrasinya.

Tangkal radikal bebas. Kafein dapat menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. Sperma lebih agresifPara ilmuwan Brasil dalam pertemuan American Society for Reproductive Medicine di San Antonio menemukan, kopi dapat meningkatkan kesuburan pria dan membuat sperma "berenang" lebih cepat.

Cocok untuk perempuan. Wanita yang minum kopi dua cangkir atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

Ester Sondang/Berbagai Sumber