Touched by Rose

By nova.id, Jumat, 11 Maret 2011 | 17:04 WIB
Touched by Rose (nova.id)

Touched by Rose (nova.id)

""

Bahan & Alat:Resin clayStik clayCat clay (jika tak ada bisa menggunakan cat minyak)GuntingLem tembakCincinAnting/giwang

Step by Step:1. Campur clay dengan pewarna yang diinginkan.

2. Pembuatan layer 1:a. Ambil bahan clay secukupnya dan buat bulatan berdiameter 0,5 cm sebanyak 3 buah. Bentuk ketiganya menjadi kerucut.b. Ambil dua diantaranya lalu tekan (dengan apapun yang berdasar rata) hingga menjadi bulatan tipis (biarkan sisanya tetap berbentuk kerucut).c. Tekan ujung kedua bulatan tersebut (setengah lingkaran saja) dengan menggunakan stik untuk membentuk (lengkungan) kelopak mawar yang diinginkan.d. Bungkus clay berbentuk kerucut dengan dua kelopak mawar yang sudah jadi dengan teknik overlap (satu kelopak saling menutupi setengah kelopak lain).

3. Pembuatan layer 2:a. Siapkan 3 bulatan berdiameter 0,5 cm dan bentuk ketiganya menjadi kerucut.b. Tekan hingga menjadi bulatan tipis dan gunakan stik untuk memipihkan ujungnya hingga membentuk kelopak mawar.c. Pasang ketiga ketiga kelopak ini di luar layer 1 dengan teknik overlap.

4. Pembuatan layer 3:a. Siapkan 4 bulatan berdiameter 0.6 cm dan bentuk menjadi kerucut.b. Tekan masing-masing bulatan hingga membentuk bulatan tipis dan pipihkan ujung-ujungnya dengan stik untuk mendapatkan lengkungan mawar yang diinginkan.c. Pasang keempat kelopak itu di luar layer 2 dengan teknik overlap.5. Gunting bagian ujung bawahnya.6. Buka tiap-tiap ujung kelopak mawar untuk menampilkan kesan bunga mawar yang mekar.7. Tunggu hingga clay mengeras lalu tempelkan bunga pada cincin yang sudah disiapkan.8. Untuk pembuatan anting, cara pembuatan bunga mawarnya sama seperti di atas. Namun diameter yang dibutuhkan cukup sekitar 0,3 cm.

Ester Sondang, Foto: Daniel Supriyono, Kreasi: Erli Erla Wati, Workshop: Jl Bayangkari No 30 Cideng Barat, Jakpus, (021-3518472), www.iwser029.multiply.com