Agar Masakan Gorengan Tetap Berkualitas

By nova.id, Senin, 13 Januari 2014 | 08:02 WIB
Agar Masakan Gorengan Tetap Berkualitas (nova.id)

Judul Buku: Masakan Serba GorengPenulis: Tim Ide MasakPenerbit: PT Gramedia Pustaka UtamaTebal: 52 halaman

Bagi orang awam, artinya yang memasak sekadar untuk menghasilkan makanan, teknik memasak dan bahan makanan yang berkualitas mungkin tidak perlu diutamakan. Asalkan masakan jadi, dan perut jadi kenyang, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Padahal teknik memasak tertentu bisa memengaruhi kualitas makanan dan pengaruhnya pada kesehatan. Menggoreng, misalnya.

Cara ini mungkin bisa dibilang sebagai teknik memasak yang paling sederhana. Padahal, ada dua teknik menggoreng yang perlu Anda ketahui. Dalam buku ini dijelaskan, ada yang disebut teknik deef frying, semi deep frying, dan pan frying atau shallow frying.

Deep frying adalah menggoreng dengan minyak banyak dan panas, sehingga bahan makanan jadi terendam. Contohnya makanan gorengan di pinggir jalan, itulah yang disebut deef frying. Bahan makanan lain yang perlu di-deep fried antara lain ikan dan ayam. Sedangkan pan frying, atau menggoreng dengan sedikit minyak (atau disebut menumis), misalnya untuk daging atau bahan lain yang disayat tipis.

Lain lagi dengan semi deep frying, di mana minyak yang digunakan biasanya mencapai tinggi setengah dari bahan yang digoreng. Biasanya cara menggoreng ini diterapkan untuk makanan yang lebih tebal, seperti perkedel.

Karena teknik menggoreng itu dianggap penting, resep-resep dalam buku ini pun selalu mencantumkan cara menggoreng yang diperlukan. Untuk resep Ayam Pop, misalnya, disebutkan bahwa ayam harus digoreng dalam minyak banyak dengan api sedang. Sementara Lidah Goreng, digoreng dalam minyak panas di atas api besar. Ada pula resep yang jumlah minyak yang dibutuhkan pun disebutkan dengan pasti.

Pada dasarnya, sebelum mulai mempraktekkan resep, pembaca diharapkan sudah memahami perbedaan cara menggoreng, bahan apa saja yang bisa digoreng (misalnya sayuran dan buah), bahan pembuatnya (macam-macam tepung dan sausnya), juga tips membuat masakan serbagoreng. Memilih minyak yang tepat, menghematnya, dan cara menyimpannya, hingga merawat alat penggorengan, juga disampaikan.

Setelah Anda membaca semua informasi berikut, silakan mencoba resep-resep lezat yang ditawarkan. Aneka resep populer seperti perkedel, bakwan jagung, ikan goreng, telur, ayam, dan bebek goreng bisa Anda dapatkan. Yang istimewa, resep ini dimodifikasi dengan berbagai citarasa yang baru.

Dini Felicitas