Investigator Ungkap Kata Terakhir yang Kerap Terekam di Black Box dan Bikin Merinding!

By nova.id, Selasa, 20 Januari 2015 | 05:02 WIB
Investigator Ungkap Kata Terakhir yang Kerap Terekam di Black Box dan Bikin Merinding (nova.id)

Investigator Ungkap Kata Terakhir yang Kerap Terekam di Black Box dan Bikin Merinding (nova.id)

"Tak mudah bagi Nurcahyo Utomo, investigator alias tim ahli pemeriksa black box, ketika harus mendengarkan kotak hitam yang merekam suara teman dekatnya, Kapten Irianto | FOTO: ABC "

Seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (14/1/2015), Nurcahyo tidak bisa membayangkan apa kata-kata terakhir Kapten Irianto, sebelum pesawat yang dikemudikannya jatuh di Selat Karimata. "Mendengarkan rekaman dari kotak hitam berulang-ulang dapat mengganggu dan membutuhkan kekuatan mental yang baik," ujarnya.

"Mendengarkan rekaman kotak hitam sebuah pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak seperti mendengarkan musik atau diskusi," lanjutnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman mendengarkan rekaman percakapan black box dari beberapa pesawat yang mengalami kecelakaan, kata-kata terakhir yang kerap terdengar dari rekaman black box adalah kata Allahu Akhbar. "Kata-kata itu membuat saya merinding," katanya.

Kini, ia mengaku sulit untuk mendengarkan kata-kata terakhir dari orang yang mengajarkannya menerbangkan pesawat tersebut. Meski demikian, ia harus menyelesaikan mendengar seluruh rekaman percakapan tersebut.

"Mendengar percakapan terakhir akan menjadi kunci untuk mengungkap penyebab kecelakaan AirAsia. (Dari sana) kami dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan itu terjadi dari percakapan pilot dan co-pilot," katanya.

Samuel Febrianto/Tribunnews.com