Mengapa Kalium Penting Bagi Tubuh?

By nova.id, Rabu, 7 November 2012 | 02:27 WIB
Mengapa Kalium Penting Bagi Tubuh (nova.id)

Mengapa Kalium Penting Bagi Tubuh (nova.id)

"Ilustrasi "

Kalium adalah elektrolit penting bagi fungsi jantung, membantu kontraksi rangka dan otot halus, juga membantu menyeimbangkan asam-basa tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan, hubungan antara kecukupan asupan kalium dengan pencegahan osteoporosis dan menurunkan tekanan darah.

Kendati telah banyak suplemen Kalium yang ditawarkan di pasaran, sebaiknya jangan konsumsi tanpa rekomendasi dari dokter Anda. Mengasup kalium terlalu banyak atau sedikit dapat berpengaruh pada otot dan jantung Anda. Kebutuhan kalium, pada dasarnya masih dapat dipenuhi dari menu sehari-hari Anda. Cobalah meningkatkan intake kalium secara reguler, Andapun dapat menjaga menjaga otot-otot bekerja lebih baik.

Makanan Sumber Kalium

Sumber makanan mengandung kalium yang baik memiliki takanan kalium diatas 200mg per porsi saji. Kalium banyak terkandung dalam buah-buahan, sayuran, daging merah, ikan dan produk susu. Berikut beberapa sumber kalium terbaik :

Alpukat, Brussel Sprouts, Pisang, Melon, Tomat, Kentang, Jeruk, Bayam, Brokoli, Kacang-kacangan (almond, pistachios, kacang tanah), Selai Kacang, Belewah, Mangga, Aprikot, Kacang Polong, Susu, Biji-bijian dan buncis-buncisan (buncis, kacang kapri, kacang polong), Yoghurt, Ayam, Ikan dan Daging Sapi.

Seperti yang Anda lihat, kalium ditemukan dalam banyak makanan. Jadikan ini sebagai  bagian penting dari menu sehari-hari Anda. Pastikan Anda mendapatkan beberapa sumber kalium sehari untuk menjaga tubuh tetap memiliki performa puncak dan  membantu mencapai penurunan berat badan!

Laili/ dari berbagai sumber