Akhirnya, Sertifikasi Halal untuk Solaria

By nova.id, Rabu, 4 Desember 2013 | 05:54 WIB
Akhirnya Sertifikasi Halal untuk Solaria (nova.id)

TABLOIDNOVA.com - Jika ada restoran yang diisukan tidak halal, tentu pemilik restoran akan merasa dirugikan. Pelanggan pun berbalik jadi ragu untuk bersantap di restoran tersebut, sehingga pendapatan restoran pasti akan berkurang. Hal inilah yang beberapa bulan belakangan sempat dialami Solaria, restoran keluarga dengan menu khas rumahan.

Namun mulai sekarang Anda sudah bisa bersantap di restoran ini dengan tenang, karena setelah diproses sejak Agustus 2013 oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) kini Solaria resmi mengantongi Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini ditandai dengan diserahkannya Sertifikat Halal oleh Ketua MUI Dr KH Ma'ruf Amin didampingi Sekretaris Jendral MUI Drs HM Ichwan Sam, serta Direktur LPPOM Ir Lukmanul Hakim, MSi kepada Solaria di kantor MUI, Menteng, Jakarta, Selasa (3/11) lalu.

"Dengan diterimanya Sertifikat Halal dari MUI ini, kami memastikan bahwa seluruh menu makanan dan minuman yang disajikan oleh Solaria terjamin halal, karena semua bahan baku masakan yang kami gunakan pun sudah bersertifikat halal dari MUI," ujar Operation Manager Solaria, Dedy Nugrahadi. Ia juga menegaskan bahwa isu yang selama ini beredar tidak benar, karena sebelum mendapat sertifikasi dari MUI pun Solaria sudah menggunakan bahan-bahan yang halal.

Dengan dikeluarkannya Sertifikat Halal MUI ini, Dedy berharap kepercayaan masyarakat terhadap Solaria pulih kembali, bahkan semakin meningkat. "Kami berharap pula Solaria tetap menjadi pilihan keluarga Indonesia, karena dalam menyediakan menu makanan dan minuman kepada para pelanggan, kami akan senantiasa mengacu pada Sistem Jaminan Halal yang ditetapkan oleh MUI," tutur Dedy dalam siaran persnya.

Restoran yang berdiri sejak 1995 merupakan restoran yang menyajikan makanan yang bahan-bahannya disiapkan dan dimasak langsung ketika ada pesanan. Seluruh proses yang dimulai, dari memasak hingga penyajian, dilakukan dengan kaidah-kaidah yang patut sehingga menjadikan produk makanan halal.

Setalah Solaria, ada enam restoran lain yang sedang dalam proses sertifikasi halal, yaitu: Roti Boy, Burger King, Recheese Kuliner Indonesia, Top Food Indonesia, Ayam Goreng Fatmawati, dan Bakso Lapangan Tembak Senayan. 

Risna Safitri