Senam Bersama Bunda

By nova.id, Jumat, 8 April 2011 | 17:03 WIB
Senam Bersama Bunda (nova.id)

Selain bisa menjaga stamina, juga membuat hubungan ibu dan si kecil makin lekat.

Tak usah khawatir si kecil akan mengalami "salah urat" alias terkilir, karena tubuh bayi amat lentur. Dibanding orang dewasa, kadar zat perekat di dalam tulang bayi masih lebih banyak ketimbang kalsium. "Istilahnya, tulang bayi masih bisa dibengkok-bengkokan atau diubah-ubah bentuknya," kata Dr. H.M.V. Ghazali MBA. MM., spesialis anak di Kid's World.

Di negara Barat saja, lanjut Ghazali, banyak orang tua yang mengenalkan olahraga sejak dini pada anaknya. Di Rusia, misal, banyak bayi diajak berenang dengan berbagai gerakan tanpa ada rasa takut akan terkilir. "Mereka menganggap, bayi sudah bisa bergerak bebas. Jadi, bila ibu mau melakukan senam bersama bayinya, aman-aman saja, kok." Bukankah sewaktu di kandungan pun, posisinya sedemikian lentur? Ia bisa meringkuk di rahim yang kecil dan tak mengalami yang disebut "salah urat" tadi.

Yang penting, Bu, si kecil dalam keadaan sehat dan normal tumbuh kembangnya. Tentu kondisi Ibu pun harus prima. Untuk itu, tak ada salahnya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan gerakan-gerakan senam di bawah ini.

Catatan :

· Senam ini bisa dilakukan sejak si kecil usia 2 bulan hingga kira-kira 18 bulan. · Lakukan senam secara rutin. Awalnya cukup 3-4 kali seminggu, setelah itu lakukan senam tiap hari. Toh, cuma butuh waktu sekitar 10 menit. . BB si kecil yang terus bertambah akan memberi nilai plus karena bisa membentuk kekuatan otot Ibu.

 Gerakan 1Berbaringlah di atas matras. Letakkan si kecil di tengah-tengah antara lutut dan ujung kaki Ibu. Pegang tangannya seperti mau mengajak bertepuk tangan. Angkat kepala dan tarik perlahan lutut Ibu ke arah dada; hembuskan napas ketika melakukannya. Turunkan punggung, kepala, dan kaki perlahan-lahan sambil menarik napas. Ulangi 16 kali.

Gerakan 2Duduklah di matras dengan lutut ditekuk. Letakkan si kecil di atas pinggul dan pegang tangannya, lalu mulailah melakukan sit-up. Hembuskan napas ketika mengangkat punggung dan tarik napas kala menurunkannya. Ulangi 16 kali.  Gerakan 3Berbaringlah di atas matras. Angkat kaki di atas pinggul dan silangkan kaki kiri di atas kaki kanan. Pegang si kecil di atas dada,  

Gerakan 3a 

lalu angkat dengan mengangkat tangan ke atas, hembuskan napas. Tarik napas dan turunkan si kecil kembali ke posisi semula. Ulangi 16 kali. Jangan lupa ganti posisi kaki dengan menyilangkan kaki kanan di atas kaki kiri.

Selamat mencoba!

  Faras Handayani/nakita