Agar Si Kecil Mau Berjalan

By nova.id, Minggu, 5 Desember 2010 | 17:01 WIB
Agar Si Kecil Mau Berjalan (nova.id)

Berikut tips dari yang dapat Anda praktekkan kala berjalan bersama si kecil:

* Jadikan Berjalan Sebuah Rekreasi. Sebisa mungkin ciptakan suasana riang gembira buat si kecil agar pikirannya teralih dari kewajiban berjalan sendiri. Sering-seringlah mengajaknya bercanda atau berbincang tentang suatu hal yang dapat menarik perhatiannya untuk tetap terus berjalan. Jangan sekali-kali melarang ia berhenti berjalan untuk memeriksa sesuatu yang menarik perhatiannya.

* Jadikan "Pembantu". Di usia ini, anak senang sekali bisa jadi "pembantu". Minta ia membawa barang belanjaan, misalnya, namun yang ringan. Tekankan betapa penting perannya dalam membantu Anda. Misal, "Mama enggak akan bisa pulang kalau Ade enggak membantu Mama membawa barang belanjaan ini." Bisa juga dengan memberikan tas punggung atau menugaskan ia menggendong "bayi"nya. Pendeknya, buatlah si anak merasa "besar".

* Rendahkan Tubuh Anda. Kadang rasa frustrasi si kecil timbul lantaran ia merasa begitu kecil dibanding orang dewasa yang ada di sekitarnya. Anda perlu sering-sering merendahkan tubuh setinggi anak selama berjalan dengannya, sehingga ia merasa sejajar.

* Jangan Memaksa. Jangan pernah meminta ia mempercepat jalannya ataupun mendorongnya, karena kakinya jauh lebih pendek ketimbang kaki Anda sehingga langkahnya pun akan lebih pendek. Bila Anda memaksa, ia akan cepat lelah. Kalau sudah begitu, Anda akan dihadapkan pada jurus paling ampuh yang dimiliki anak, yaitu "melumpuhkan" diri, duduk, atau menangis meraung-raung. Akhirnya, Anda terpaksa menggendongnya juga, kan?

* Berikan Pujian. Beri dorongan positif dengan memujinya untuk usahanya berjalan. Misal, "Wah, sekarang Ade sudah besar, lo. Mama bangga melihat Ade berjalan." Dengan begitu, Anda telah menunjukkan kepadanya bahwa berjalan adalah satu kegembiraan yang sudah dapat ia lakukan sendiri.

* Lakukan Perundingan. Jika tempat yang dituju masih cukup jauh sedangkan Anda melihat si kecil sudah kelelahan, katakan padanya, misal, "Ade berjalan sampai sana, ya, yang ada abang rujaknya. Dari situ nanti Ade akan Mama gendong sampai jembatan." Teruskan cara ini sampai Anda berdua tiba di tempat tujuan.