Nikmatnya Berbuka Puasa Saat Umrah di Bulan Ramadan

By , Kamis, 25 Juni 2015 | 10:15 WIB
Nikmatnya berbuka puasa saat umrah di bulan Ramadan (Nova)

Sebagian dari Anda pasti sudah pernah merasakan pengalaman berbuka puasa di tanah suci sambil menunaikan ibadah umrah. Banyak yang mengatakan jika suasana berbuka puasa di sana berbeda dengan di Indonesia, pasalnya selama bulan Ramadan, area di dalam dan di luar masjid sudah 'dikapling' atau dibuat doom berukuran besar oleh keluarga-keluarga kaya di Arab saudi untuk membagikan makanan pembuka seperti takjil bagi jamaah masjid.

Tabloidnova.com menceritakan pengalamannya secara langsung ketika berkesempatan mengunjungi Mekkah, berikut penuturan nikmatnya berbuka puasa saat umrah di bulan Ramadan:

Baca: Kisah Muslim Berpuasa di Negara dengan Matahari Bersinar 24 Jam

• Usai salat Ashar umumnya jamaah tidak kembali ke hotel. Jamaah akan menunggu waktu berbuka sambil tetap beraktivitas di dalam masjid.

• Setengah jam menjelang azan Maghrib, karpet masjid akan ditutup dengan plastik panjang yang dibentangkan sebagai persiapan buka bersama. Silakan duduk di mana saja yang masih ada tempat kosong, makanan buka puasa akan dibagikan pada setiap jamaah. Tak perlu takut tidak kebagian, karena jumlahnya sangat banyak dan berlimpah.

• Umumnya makanan yang dibagikan adalah roti, kurma dan yogurt. Beberapa keluarga juga membagikan kopi Arab yang disebut kahwa. Tidak seperti kopi yang kita kenal selama ini, kahwa rasanya lebih mirip “jamu” dengan sedikit rasa pedas berempah. Kahwa aman untuk lambung sekalipun dikonsumsi saat berbuka puasa.

Baca: Matahari Bersinar Sepanjang Hari, Warga Kiruna Terpaksa Buat Aturan Puasa Sendiri

• Begitu azan Maghrib berkumandang, jamaah segera menyantap hidangan berbuka puasa yang telah dibagikan. Waktunya tak terlalu lama, sekitar 5-10 menit, setelah itu sampah akan dikumpulkan di tengah plastik panjang dan digulung. Tempat salat kembali bersih dan siap digunakan.

• Usai salat Magrib banyak yang kembali ke hotel untuk makan malam. Jangan khawatir terlambat salat Isya dan tarawih karena waktunya cukup.

Nah, apakah Anda berniat untuk berbuka puasa saat umrah di bulan Ramadan ini?

 

Penulis : Marfuah Pandji Astuti/TabloidNova