Lomba Karakter Komik Superhero

By nova.id, Kamis, 24 Oktober 2013 | 04:45 WIB
Lomba Karakter Komik Superhero (nova.id)

Lomba Karakter Komik Superhero (nova.id)

"Foto: Henry "

 Berbagai komik terbitan Metha Studio antara lain Petualangan Anak Pemberani, Keris, Bunda, Godam Reborn dan lain-lain. Langkah yang dilakukan Akhmad ini sebagai salah satu keinginannya untuk menyajikan komik berwarna lokal dengan kisah yang sesuai akar budaya Indonesia. Akhmad memang prihatin dengan terpuruknya kondisi komik Indonesia di tengah dominasi komik asing.

    "Kami juga prihatin dengan membanjirnya komik asing yang membuat remaja Indonesia lebih menghargai komik atau superhero asing, dibandingkan dengan karakter pahlawan super Indonesia. Berangkat dari keprihatinan itu, kami mengadakan lomba cipta Pahlawan Super Asli Indonesia," ujar Akhmad yang mengundang siapa saja terutama komikus dan pencinta komik, untuk mengikuti lomba.  "Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karakter, namun dikirimkan secara terpisah."

Syarat-syarat lomba sebagai berikut:

-    Ukuran kertas A4

-    Pahlawan super bisa pria dan wanita

-    Karakter digambar berwarna dalam tiga pose di tiga kertas berbeda.

-    Penciptaan pahlawan super Indonesia harus memperhatikan: Raut wajah dan postur harus Indonesia, kostum harus sesuai dengan iklim tropis Indonesia, kostum harus sesuai dengan tata kesopanan yang berlaku di Indonesia, senjata, teknologi harus mencerminkan masa kini, bukan masa lalu.

-    Karya dikirimkan ke alamat:  Metha Studio,  Akhmad Makhfatih, Jl. Tengiri Raya No 17, Perumahan  Minomartani, Yogyakarta

-    Karya paling lambat diterima pada stempel pos 30 Desember 2013.

Setelah penjurian, panitia akan mengembalikan naskah asli peserta lomba. Pihak panitia memberikan hadiah, juara 1 menerima uang sebesar Rp 2 juta, juara 2 uang tunai Rp 1,5 juta, dan juara 3 menerima Rp 1 juta. "Karakter komik tetap dipegang oleh peserta lomba," ujar Akhmad.

Henry