Festival Budaya Jakarta Marathon 2013

By nova.id, Kamis, 24 Oktober 2013 | 04:34 WIB
Festival Budaya Jakarta Marathon 2013 (nova.id)

Festival Budaya Jakarta Marathon 2013 (nova.id)

"Foto: Henry "

"Acara akan dipusatkan di Monas dan lokasi lain di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat," ujar Subaedah, Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Disparbud Provinsi DKI, Kamis (24/10) di Senayan City.

Beragam atraksi seni dari berbagai wilayah Nusantara dan tentu saja kesenian Betawi akan tampil. Antara lain marawis kolosal, seni palang pintu, topeng Betawi, ondel-ondel, barongsai, reog Ponorogo, dan beragam kesenian lainnya. Beragam atraksi itu untuk menyambut para tamu atlet nasional maupun internasional, serta warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin hadir dalam acara ini.  "Tentu saja, kami akan mengedepankan seni budaya Betawi," lanjut Subaedah.

Semarak Festival Budaya  juga akan menghiasi berbagai titik lokasi di Jakarta dengan penampilan tak tanggung-tanggung di 17 panggung. Sepanjang lintasan marathon yang  akan start dan finish di Silang Monas Barat Daya itu, akan menghadirkan keindahan seni. Antara lain Gondang Batak, Musik Brass, Gendang Beleq NTB, Tifa Papua, Musik Dayak, Gambang Kromong, Musik Jepen Kalimantan, Kuntulan banyuwangi, Tabot Bengkul dan masih banyak lagi. Pesti seni ini sekaligus mewujudkan keinginan Gubernur Joko Widodo agar Jakarta menjadi pusat seni budaya dengan Betawi sebagai tuan rumahnya.   Selain itu, band Wali dan Titans juga akan tampil memeriahkan acara.

Subedah menuturkan, akan digelar pula pesta kuliner Nusantara berpusat di Monas, tentu juga menampilkan menu khas masakan Betawi. Bila Anda ingin menghadiri acara ini, silakan datang pagi-pagi ke Monas. Silakan Anda parkir kendaraan di tempat yang telah ditentukan, tanpa mengganggu jalannya lomba.  

Henry