Kuatkan Keluarga Penumpang QZ8501, Himpunan Psikolog Jawa Timur Buka Layanan Psikologi

By nova.id, Selasa, 30 Desember 2014 | 10:32 WIB
Kuatkan Keluarga Penumpang QZ8501 Himpunan Psikolog Jawa Timur Buka Layanan Psikologi (nova.id)

Tabloidnova.com - Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Timur, seperti dilaporkan Antara.co.id telah memberi layanan psikologi kepada keluarga penumpang pesawat AirAsia QZ 8501 di Posko Crisis Centre Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

"Sejak dibuka pada hari Minggu (28/12) lalu, sejumlah keluarga korban sudah mulai memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Himpsi untuk mengurangi beban pikiran mereka," kata salah seorang anggota Himpsi, Ivone W, di Surabaya, Selasa (30/12).

Ivone mengatakan pelayanan ini diberikan kepada keluarga penumpang yang mengalami goncangan berat akibat hilangnya pesawat tersebut.

Ia juga mengungkapkan, sudah ada belasan keluarga penumpang yang menggunakan layanan ini dan para psikolog memberikan pendampingan berupa dorongan moral kepada keluarga agar kuat menghadapi cobaan ini.

"Rata-rata keluarga penumpang ini mengalami guncangan berat setelah mengetahui ada informasi pesawat hilang dan mereka masih berharap pesawat itu segera ditemukan, bagaimana pun kondisinya," kata dia.

Ivone menambahkan, para psikolog di Jawa Timur bergerak proaktif dengan mendatangi para anggota keluarga penumpang di Crisis Centre. "Kami terus memberikan dorongan kepada mereka agar mereka kuat dalam menghadapi cobaan ini. Kami juga bekerja dalam tim yang terbagi dalam beberapa shift," ujarnya.

Sementara itu, keluarga penumpang sudah ada yang melakukan konferensi jarak jauh dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) di Jakarta untuk mengetahui keadaan keluarga mereka.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com

SUMBER: ANTARA