Serba Serbi Masker

By nova.id, Rabu, 25 Juli 2012 | 07:36 WIB
Serba Serbi Masker (nova.id)

Serba Serbi Masker (nova.id)

"Ilustrasi "

Agar tetap mendapatkan manfaat masker dengan tepat,  berikut  penjelasan  dr. Virna Agustriani dari RS. Royal Taruma, Jl. Daan Mogot No. 34, Jakarta Barat.Masker Medis Kita tahu ada beberapa masker yang dijual di pasaran. Salah satu yang kita lihat sebagai masker satu seribu Rupiah, sebenarnya adalah masker medis atau masker disposable. Masker ini sebaiknya dipergunakan hanya untuk satu kali pakai dan dikemas dengan cukup higienis tanpa berkontak dengan tangan penjualnya maupun debu jalanan. Kegunaan Masker

Masker bukan sekedar menutup dari debu, lho. Fungsi menggunakan masker sebenarnya mencegah tersebarnya virus atau kuman yang dapat tersebar secara langsung maupun lewat droplet (loncatan ludah yang bisa berukuran sangat kecil. Red.).Tanpa disadari kita dapat terjangkit kuman. Seperti ketika berbicara dengan orang lain, berada didekat orang yang terbatuk atau bersin di tempat umum maupun dari udara. Masker kemudian memiliki manfaat penting untuk mencegah penularan dari orang lain serta menghindari penularan bibit penyakit ke orang  lain. Selain manfaat kesehatan melindungi dari kuman, masker juga dapat mengurangi dampak awal dari masuknya polusi udara ke tubuh. Bagi pengendara motor dan pejalan kaki, masker dapat menyaring udara. Begitupula bagi orang-orang yang bekerja dengan risiko kontaminasi bahan kimia, seperti tukang cat, masker juga memiliki peran melindungi dari kontaminasi bahan kimia tersebut.

Bolehkah Dicuci Berulang Kali?

Pada masker kain dapat dicuci berulang kali, namun penggunaan tersebut tidak direkomendasikan oleh kesehatan. Ini menyangkut seberapa  higienis atau seberapa sering  masker dicuci.  Tentu saja tidak setiap hari bukan? Padahal fungsi masker sebagai filter, tentunya banyak kotoran atau residu yang tersaring.

Nah, residu inilah yang berbahaya bagi kesehatan. Partikel halus yang menempel di kain masker jika tak dicuci dengan air bersih dapat terhirup dalam saluran pernafasan. Ini dapat menimbulkan infeksi pada tubuh kita.

Sebaiknya gunakan masker untuk satu kali pemakaian saja.Efektifkah Masker Kain? Masker kain yang banyak digunakan saat ini sebenarnya tidak efektif mengurangi terhisapnya zat berbahaya dalam bentuk gas yang terhisap. Kemampuan filtrasi dari kain ini sangat terbatas dan bisa terdapat celah disekitar hidung dan mulut, yang memungkinkan partikel ataupun aerosol serta gas tetap masuk.

Laili