Kanker Rongga Mulut Jika Sariawan Tak Kunjung Sembuh (2)

By nova.id, Minggu, 1 Juli 2012 | 03:11 WIB
Kanker Rongga Mulut Jika Sariawan Tak Kunjung Sembuh 2 (nova.id)

Rongga Mulut

Bagian yang termasuk ke dalam rongga mulut antara lain bibir, pallatum (langit-langit), uvula (langit-langit kecil), lidah, tonsil, dan gingiva (gusi). Sel-sel daerah rongga mulut ini biasanya merupakan sel epitel gepeng (sel skuamosa). Sehingga keganasan atau kanker yang terjadi di kanker rongga mulut disebut karsinoma sel skuamosa.

Hidup Sehat

Selain oral hygiene, kebiasaan hidup sehat dan menghindari faktor-faktor penyebab merupakan cara untuk mencegah kanker rongga mulut. Beberapa di antaranya adalah:- Kurangi makanan yang mengandung bahan kimia dan lemak berlebihan.- Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan.- Perbanyak konsumsi makanan segar dan kurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.- Hindari  merokok dan minum alkohol.- Hidup seimbang dan menghindari stres.- Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

Sekilas Kanker

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. "Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga berakibat fatal," jelas Arman.

Penyebab pastinya belum diketahui karena kanker disebabkan banyak faktor. Dari mulai faktor genetik, pola makan, iritasi hingga radiasi dari luar, dan sebagainya. Sekarang ini, faktor penyebab kanker yang paling banyak adalah pola makan yang tidak sehat. Terutama makanan yang mengandung bahan kimia dan mengandung lemak menyebabkan sel berubah. Usia penderita juga semakin muda, karena pola makan dan bahan kima yang makin merajalela tadi. 

 Hasto Prianggoro