7 Tanda Si Dia Mati Rasa (1)

By nova.id, Senin, 20 September 2010 | 17:03 WIB
7 Tanda Si Dia Mati Rasa 1 (nova.id)

7 Tanda Si Dia Mati Rasa 1 (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto "

Perjalanan sebuah hubungan (rumah tangga) seringkali dihiasi oleh konflik atau perbedaan pendapat, dari konflik besar ataupun sekedar konflik kecil-kecilan. Meski dianggap wajar terjadi, ada yang sebaiknya perlu Anda waspadai. Contohnya bila pasangan terlihat sudah "enggak mood" lagi kepada Anda. Istilahnya, sudah mati rasa. Bagaimana mengenali tanda dan bagaimana pula mengatasinya? Bagaimana jika Anda pun ternyata sudah "mati rasa" terhadap pasangan?

Apa sih pertanda bahwa pasangan sudah "mati rasa"? Salah satu pertanda yang paling jelas adalah Si Dia enggan menatap mata Anda setiap kali berpapasan atau berbincang dengan Anda. Bahasa tubuhnya pun mengisyaratkan ia merasa tidak nyaman lagi berhadapan dengan Anda, misalnya selalu membelakangi atau menjaga jarak. Pertanda lain misalnya jarang memulai percakapan. Padahal, sebelumnya pasangan Anda tipe suami yang doyan mengobrol atau curhat kepada Anda, istrinya. Masih banyak lagi tanda-tanda yang bisa Anda cermati untuk mengambil kesimpulan bahwa pasangan sepertinya sudah tidak lagi mood terhadap Anda.

 Cuek dan tidak respek 

"Capek rasanya setiap saat dicuekin suami. Semua ide dan pendapat saya juga selalu ia sanggah. Padahal, sebelumnya ia tak pernah bersikap seperti itu," kata Dewi berkeluh-kesah tentang suaminya. Well, Anda memang tak bisa langsung menuduh pasangan tak lagi cinta kepada Anda. Bisa jadi, ia sedang lelah atau memikirkan urusan kerjaan. Namun, bila ini kerap terjadi dan feeling Anda mengatakan ini tak wajar, bisa jadi suami memang sudah berubah dan tak lagi menghargai hubungan dengan Anda.

Akhir pekan tak lagi berkesan

"Ada yang berubah dari dia, sekarang dia selalu menolak setiap kali saya ajak keluar berakhir pekan. Padahal, dulu dia yang selalu rajin mengajak jalan-jalan, lho," ujar Dewi lagi. Hati-hati, penolakan semacam ini juga bisa menjadi pertanda pasangan merasa malas berduaan dengan Anda. Apalagi jika setiap kali diajak, ia selalu menolak tanpa alasan yang jelas. Kalaupun ada alasannya, selalu yang dia pakai adalah alasan capek. Anda juga perlu curiga jika pasangan selalu enggan untuk berhubungan intim. Cermati, apakah penolakan pasangan memang karena alasan tertentu, misalnya capek atau sakit, atau tak ada alasannya sama sekali.

Hilangnya Mr. Romantic 

"Sekarang, suami saya nggak romantis lagi. Cuek dan dingin," keluh Dewi tentang suaminya. Padahal, salah satu alasan Dewi dulu mau dipersunting adalah karena suaminya sangat romantis. Memang, tak selamanya seorang pria bisa selalu bersikap romantis. Kehidupan sehari-hari tentu berpengaruh terhadap jalannya sebuah hubungan. Namun, bila sikap tidak romantisnya muncul mendadak dan berlangsung lama, ada baiknya Anda curiga suami ada apa-apa. bersambung

Hasto Prianggoro/Berbagai sumber