Pas Mengolah Pasta (2)

By nova.id, Selasa, 21 September 2010 | 17:03 WIB
Pas Mengolah Pasta 2 (nova.id)

Mengapa Harus Air Mendidih?

Begini penjelasannya secara ilmiah:

Pasta mengeluarkan semacam zat yang bersifat sebagai perekat. Zat ini tampak berupa gelembung-gelembung busa yang muncul di pinggiran panci saat pasta dimasak. Kalau tidak tersedia cukup air untuk mengeluarkan zat perekat tadi, pasta akan tetap terselubung oleh zat perekat tersebut. Itulah mengapa kalau air rebusannya sedikit, air rebusannya akan cepat sekali mengental. Nah, air rebusan yang kental karena mengandung zat perekat akan menyerap panas yang dihasilkan. Akibatnya, pasta jadi tidak matang sempurna dan merata.

Begitu juga dengan citarasa pasta itu sendiri. Pasta yang dicemplungkan ke dalam air sebelum air rebusan itu mendidih akan menyerap panas yang membuatnya jadi cepat gampang lembek. Soalnya, dalam air suam kuku, pasta akan cepat sekali merekah bersamaan dengan larutnya zat perekat yang terkandung dalam pasta.

Padahal dibutuhkan panas yang cukup tinggi dari air mendidih untuk mempertahankan bagian luar pasta sekaligus untuk mencegahnya agar tidak saling merekat. Itulah mengapa air mendidih amat penting dalam hal ini. Bukankah temperatur air akan segera turun begitu kita memasukkan pasta ke dalamnya. Namun temperatur ini masih tetap cukup panas untuk membuat pasta matang merata sebagaimana mestinya.

Paskaria