Pahami Fungsi Vitamin Pada Makanan

By nova.id, Senin, 21 Oktober 2013 | 07:18 WIB
Pahami Fungsi Vitamin Pada Makanan (nova.id)

Makanan di sekitar kita banyak mengandung vitamin. Tapi, apakah Anda tahu apa saja fungsi vitamin tersebut dan darimana saja bisa diperoleh? Berikut fungsi vitamin dan ada di makanan apa saja, yang disampaikan Dr. Pauline Endang Praptini, MS., SpGK., Dokter spesialis gizi klinis dari RS Fatmawati saat menyampaikan workshop tentang Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS).

Vitamin larut lemak

1.Vitamin A.  Fungsinya untuk penglihatan, deferensiasi sel, dan sintesis protein. Bisa diperoleh dari hati sapi, kuning telur, mentega, margarin, minyak ikan, wortel, dan daun singkong.

2.Vitamin D. Sebagi proses penyerapan kalsium dalam saluran cerna dan membantu proses pengerasan tulang. Diperoleh dari minyak ikan, margarin, kuning telur, dan mentega.

3.Vitamin E. Anti oksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat di minyak olive, minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah, margarin.

4.Vitamin K. Pembekuan darah. Ada di keju, mentega, bayam, daun selada, kol, brokoli, teh hijau.

Vitamin  larut air

1.Vitamin B1. Koenzim metabolism energi, matabolisme protein dan lemak. Ada di ragi, havermut, beras tumbuk, kacang kapri, kadang kedelain, kacang hijau, hati ayam, dan kuning telur.

2.Vitamin B2. Koenzim metabolism eneregi, sintesis DNA. Terdapat di susu non fat, hati ayam, daging sapi, telur ayam dan bebek, buncis, kangkung.

3.Vitamin B6. Berguna untuk metabolisme protein. Ada di ikan tuna, hati sapi dan ayam, kedelai.

4.Vitamin B12. Fungsinya untuk metabolisme sel pembentukan sel darah. Ada di hati sapi dan ayam, sardin, ginjal.

5.Vitamin C. Anti oksidan, membentuk kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh. Ada di daun singkong, daun katuk, daun pepaya, daun melinjo, jambu monyet, jambu biji, pepaya, serta rambutan.

Nove