Pangkas Porsi Pangkal Langsing

By nova.id, Kamis, 1 Maret 2012 | 22:45 WIB
Pangkas Porsi Pangkal Langsing (nova.id)

Pangkas Porsi Pangkal Langsing (nova.id)

"Foto: Adrianus Adrianto/Nova "

Angka-angka tadi merupakan hasil studi dari American Journal of Clinical Nutrition saat seseorang mengurangi porsi makan. Penelitian ini diadakan, pasalnya saat ini, porsi makan yang disajikan melebihi porsi makan yang seharusnya. Contohnya, satu paket standar burger lengkap dengan kentang goreng dan minuman soda, sebenarnya cukup untuk dua orang dan jumlah kalorinya berlipat ganda. Inilah yang dinamakan portion distortion.

"Padahal semakin banyak makanan yang disajikan di hadapan seseorang, semakin banyak pula mereka makan," ungkap Lisa R. Young, PhD, RD., penulis buku The Portion Teller sekaligus peneliti nutrisi. Lantas apa yang bisa Anda lakukan agar porsi yang semakin membesar setiap tahun ini tidak membuat lingkar pinggang Anda ikut membesar?

- Kurangi porsi makan Anda, misalnya masing-masing menjadi setengah lebih kecil. Memangkas porsi makanan akan membantu Anda mengurangi kalori. Ini berarti, Anda telah mengurangi berat badan. Meski demikian, Anda tak akan lemas karena semua nutrsi yang Anda butuhkan sebenarnya sudah tersedia, hanya porsinya yang dikurangi.

- Ukur porsi makan Anda menggunakan benda-benda di sekitar Anda. Misalnya satu porsi daging besarnya sama dengan setumpuk kartu, satu porsi mi sama dengan bola tenis, setengah mangkuk sayuran sama dengan satu bola lampu.

- Tidak memesan makanan cepat saji dalam paket (baik paket reguler, supersize, ataupun all you can eat), atau menyajikan makanan dalam piring besar.

- Setiap kali Anda hendak ngemil, ambil satu porsi kecil saja dan simpan sisanya. Jangan pernah memakan camilan langsung dari bungkus atau wadahnya.

- Makanlah di kursi dan di meja makan. Jangan pernah makan di depan televisi atau komputer karena menggangu konsentrasi sehingga Anda tak kunjung kenyang.

- Jika Anda makan di luar, kurangi porsi yang disajikan di atas piring restoran yang biasanya ukurannya lebih besar. Di rumah, gunakan piring yang lebih kecil. Percayalah Anda akan tetap kenyang, kok.

- Taruh daging di pinggir piring, penuhi bagian tengah piring dengan sayuran.

- Perut memerlukan 20 menit untuk menyampaikan sinyal "kenyang" pada otak. Jadi, makanlah perlahan dan nikmati setiap kunyahan sehingga tubuh pun mudah memberikan sinyal tersebut.

Astrid Isnawati / berbagai sumber