Lomba Karya Tulis Islami

By nova.id, Sabtu, 28 September 2013 | 22:46 WIB
Lomba Karya Tulis Islami (nova.id)

Lomba Karya Tulis Islami (nova.id)

""

Ketua Harian Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Surabaya Yudha Prima yang juga bertindak sebagai salah seorang dewan juri, mengatakan, penetapan pemenang itu setelah peserta mengikuti sejumlah tahapan lomba."Pada tahap final peserta mempresentasikan karya mereka," kata Yudha Prima yang juga penulis sejumlah buku.

Yudha mengungkapkan penilaian tahap final meliputi lima aspek, yaitu Pemahaman Materi (Karya Tulis), Kelancaran Berbicara, Penampilan, Intonasi, dan Ekspresi. Masing-masing peserta mempertahankan argumentasi mereka terhadap karya yang ditulis. Lomba dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi naskah yang mencakup 4 kriteria: yaitu kesesuaian tulisan dengan tema, keunikan isi, kreativitas, dan gaya bahasa. Sementara tahap kedua babak final.

Setelah mempelajari naskah-naskah yang masuk dan ditulis berbentuk esai itu, dewan juri memilih 10 karya terbaik yang masuk babak final. Panitia menunjuk Dewan Juri dari Pengurus Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Surabaya, yaitu: Yudha Prima, Vivid Habib, Luluk Daiyatul Firdausi, dan Wildan Taufiqurrahman. Sementara para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan dari SMA Negeri 2 Surabaya.

Henry