Festival Film Indonesia 2013

By nova.id, Jumat, 20 September 2013 | 10:44 WIB
Festival Film Indonesia 2013 (nova.id)

Festival Film Indonesia 2013 (nova.id)

"Foto: Tarmizi "

 FFI 2013 direncanakan akan digelar di Semarang. Menurut Firman Bintang selaku Ketua Umum Pelaksana FFI 2013 segala persiapan untuk menggelar FFI 2013 di ibukota Jawa Tengah itu telah dilakukan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun bersedia menjadi tuan rumah yang baik buat ajang ini. Pada tanggal 23 September Ganjar pun akan melakukan penandatanganan MOU bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Alasan FFI 2013 kembali diadakan di luar kota Jakarta, masih kata Firman, bermaksud untuk mengeratkan silaturahmi insan perfilman dengan  masyarakat di daerah lain, seperti FFI terdahulu. "Selain jadi barometer penghargaan perfilman tanah air, FFI jadi ajang silaturahmi," kata Firman. Untuk itu ,sebelum menuju malam puncak FFI 2013 pada 7 Desember nanti, sejumlah kegiatan sudah dan akan dilaksanakan di kota Semarang. Seperti Pameran dan Kampanye Film, Pemutaran Film dan Diskusi, Pesta Hiburan Rakyat, dan Pawai Artis. Sejumlah artis pemenang Piala Citra menurut Firman sudah bersedia hadir di Semarang untuk menyemarakannya.

Selain Firman, jajaran panitia FFI 2013 diisi oleh Roy Marten sebagai Ketua III, bidang Humas, Publikasi, dan Dokumentasi.  FFI 2013 ini mengingatkan Firman, Roy, serta saksi peserta lainnya tentang nostalgia FFI 1980 (33 tahun lalu) yang juga diadakan di Semarang. Saat itu, cerita Firman yang sudah lama malang melintang di dunia perfilman, para peserta berangkat ke Semarang dengan naik kereta api. Firman pun berencana ingin mengajak para artis dan peserta lainnya bersedia naik kereta api lagi.

Dengan mengusung semangat Bersama Kita Bisa Majukan Film Indonesia panitia FFI 2013 bertekad menjadikan pesta insan film ini jadi FFI yang terbaik. 

Tarmizi